KPK Akan Buka Lowongan Penyidik Independen

|

Foto: (dok okezone)

KPK Akan Buka Lowongan Penyidik Independen

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan seleksi penyidik independen untuk mengatasi kekurangan penyidik pasca ditariknya 20 orang penyidik ke Polri.

Juru Bicara KPK, Johan Budi SP, mengatakan, pembicaraan untuk mengadakan seleksi penyidik independen memang ada.

"Pembicaraan (penyidik independen) itu suda ada, tapi belum dilakukan seleksi. Memang ada wacana ke arah sana," katanya di Kantor KPK, Jakarta, Senin (17/9/2012).

Langkah ini, lanjut Johan, dilakukan jika opsi-opsi yang ada untuk pemenuhan kuota penyidik di KPK tidak terpenuhi. Direktorat Penyidikan KPK sendiri memiliki 78 penyidik dari Polri. Namun, 20 orang dalam masa penarikan Polri.

Langkah seleksi penyidik dari independen bisa dilakukan KPK jika langkah yang dilakukan pimpinan KPK, untuk meminta 20 penyidik ini tidak diperkenankan kembali menyidik di KPK.

"Sekarang banyak kasus di KPK, satu orang bisa tangani 2-3 kasus. Di Direktorat penyidikan ada 78 penyidik, yang tidak diperpanjang 20, memang ini timpang, tapi KPK masih bisa jalan, tapi proses pengusutan jadi lebih lambat," kata Johan KPK, Jakarta, Senin (17/9/2012).

Jika koordinasi dengan Polri ini tidak mendapatkan kesimpulan, Johan mengatakan akan melakukan seleksi penyidik yang diambil dari luar Polri dan Kejaksaan.

"Kalau misalnya menghadapi jalan buntu dan tidak bisa dipertahankan untuk opsi tersebut, tentu opsi selanjutnya yaitu melakukan rekutmen penyidik diluar jaksa dan polisi itu akan jadi salah satu opsi yang dipilih KPK," terang Johan.

Namun, guna mengefesiensikan waktu, KPK akan tetap menempuh opsi pertama dengan cara mempertahankan 20 penyidik yang masa tugasnya di KPK itu sudah habis. "Tapi sebelum sampai sana ada cara dengan kordinasi, komunikasi dengan pimpinan Polri," terangnya.

(crl)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Tidak Perlu Mata Pelajaran Khusus TIK