Rudenim Pekanbaru Kelebihan Kapasitas Penghuni

Senin, 17 September 2012 22:22 wib | Risna Nur Rahayu - Okezone

Rudenim Pekanbaru Kelebihan Kapasitas Penghuni Ilustrasi (Okezone) PEKANBARU- Penghuni Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Pekanbaru, Riau, kelebihan kapasitas. Sebanyak 195 orang memadati rumah bertingkat dua yang idealnya dihuni 80 orang.

"Penghuni idealnya 80 orang. Kalau dipaksa-paksa bisa jadi 120 orang. Tapi ini nyatanya dihuni 187 orang dan ditambah delapan orang yang baru datang dari Mentawai, Sumatera Barat," kata Kepala Rudenim Pekanbaru, Fritz Aritonang di kantornya, di Jalan OKM Djamil No 2A, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Senin (17/9/2012).

Dia menjelaskan, meski berada di satu rumah, para pencari suaka dipisah-pisah berdasarkan negaranya. Menariknya lagi, mereka tidak berada di ruang tahanan melainkan dibiarkan bebas. 

"Mereka ini bukan pelaku kejahatan. Melainkan pencari suaka. Karena konflik yang mendera negara mereka," paparnya.

Berdasarkan catatan rudenim, pencari suaka terbanyak merupakan warga Afganistan yang per September sebanyak 54 orang. Disusul Sri Lanka sebanyak 48 orang, kemudian Iran 29 orang, Iraq 17 orang, Myanmar 13 orang, Palestina 12 orang, Pakistan 9 orang dan Suriah 5 orang. Rata-rata mereka menuju ke Australia.

"Orang-orang Sri Lanka biasanya membawa kapal sendiri dengan tujuan Chrismast Island, Australia. Namun lantaran kondisi alam yg tak mampu dilawan kapal, hingga akhirnya tenggelam," tambahnya.

Selain itu, dia melanjutkan, para pencari suaka yang melintas di perairan Indonesia tanpa memiliki dokumen resmi akan digiring oleh otoritas laut dan diproses di Imigrasi. "Meski sudah bilang tujuannya bukan Indonesia, tetap saja diamankan oleh petugas," pungkasnya. (ugo)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »