TPI Bandara SSK II Tak Punya Steril Area

|

(Foto: Risna Nur Rahayu/ Okezone)

TPI Bandara SSK II Tak Punya Steril Area

PEKANBARU - Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di Terminal Keberangkatan Bandara Sultan Syarif Kasim II di Kota Pekanbaru, Riau, dinilai tidak menunjang kinerja petugas. Pasalnya keberadaan counter itu tidak didukung steril area.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Pekanbaru, Amran Aris, menyebutkan, keberadaan lokasi berjualan yang tepat berada di depan counter salah satu penyebabnya. Panjang area tunggu diperkirankan mencapai 20 meter.

"Kami tidak punya steril area untuk pemeriksaan para calon penumpang yang akan berpergian ke luar negeri," ujarnya di Pekanbaru, Selasa (18/9/2012).

Selain itu, dari dua meja pelayanan, hanya satu yang mampu difungsikan. Itu lantaran, meja tersebut terpapar sinar matahari yang tembus karena atap transparan di atasnya. Dampaknya dapat mengganggu sistem pada alat pindai (scanner) di meja petugas. "Otomatis, dua counter (satu meja) ini yang bisa kami fungsikan," tambahnya.

Dampak lainnya, jika terjadi kepadatan antrean, dikhawatirkan ada imigran yang memanfaatkan situasi tersebut untuk sengaja melawati proses pemeriksaan imigrasi.

Bandara SSK II memang baru Juli lalu dioperasikan, menjelang berlangsungnya PON. Aktivitas penerbangan di bandara juga belum berjalan 100 persen.

"Sejauh ini memang kita masih bisa melayani calon penumpang. Tapi bagaimana kalau operasional bandara sudah rampung total, maskapai menambah jadwal penerbangan? Pasti antrean panjang tidak terhindarkan apalagi lokasinya harus berbagi dengan counter pedagang," paparnya.

Sehingga dia berharap, AP II dapat memahami keluhan yang dinilainya dapat menghambat pelayanan. Upaya lainnya, dia mengutarakan sudah berkoordinasi dengan sebagai pengelola bandara tersebut.

"Kami sudah koordinasikan. Sebelumnya kami meminta agar gedung server yang ada di basement dipindahkan lantaran alasan pengawasan dan teknis, diindahkan. Semoga begitu juga dengan ini," pungkasnya.

Setiap harinya, TPI Bandara SSK II beroperasi mulai pukul 05.30 WIB sampai pukul 15.00 WIB.

Sementara itu, Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Ibnu Hasan, saat akan dikonfirmasi, nomor telepon selulernya sedang tidak aktif.

(put)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Motor Listrik Berwujud Sepeda Seharga Rp76 Jutaan