Ratusan Pedagang Pasar Petisah Geruduk Balai Kota Medan

|

Ilustrasi demo

Ratusan Pedagang Pasar Petisah Geruduk Balai Kota Medan

MEDAN- Ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) Pasar Petisah Medan, Sumatera Utara, menggelar aksi unjuk rasa ke Balai Kota Medan siang tadi.

Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk protes pedagang atas penertiban yang dilakukan PD Pasar dan Satpol PP Medan atas lapak mereka, Kamis (20/9/2012).

Pedagang yang rencananya akan direlokasi ke lantai 2 pasar itu menolak rencana relokasi, karena dinilai bukan solusi dan hanya membuat para pedagang kehilangan omzet penjualan.

Pimpinan aksi, Amru Siregar, mengatakan, pemerintah kota harus mengkaji kembali rencana relokasi tersebut dan membiarkan para pedagang berjualan di lapak kaki lima. Karena relokasi yang direncanakan pemerintah belum disertai dengan perbaikan fasilitas pasar.

“Kita ada sekira 130 pedagang yang berjualan di kaki lima pasar ini. Pemerintah kota juga tentunya tau kalau kita pernah menerima relokasi ke lantai II itu. Namun selama dua pekan kita tempati, yang ada kita malah rugi. Bahkan untuk menutupi biaya sewa pun enggak cukup. Soalnya pembeli malas naik ke atas, apalagi fasilitas di lantai atas tidak seperti di lantai I, kesannya masih kumuh lah,” tutur Amru.

Di tempat terpisah, Kepala Satpol PP Medan, M Sofyan, mengatakan, penertiban PKL di pasar petisah telah sesuai dengan prosedur dan merupakan kebijakan langsung dari Walikota Medan Rahudman Harahap.

Penertiban pun diakui belum maksimal karena belum semua pedagang berhasil ditertibkan. Upaya penertiban akan terus dilanjutkan karena telah berhasil memecahkan kemacetan yang selama ini menganggu aktifitas warga kota yang berbelanja di pasar tersebut.

“Ini perintah pak wali dan kita sudah sesuai prosedur. Dengan kondisi sekarang, jalan di kawasan petisah menjadi lebih lancar. Padahal baru sekira 20 pedagang yang kita tertibkan, makanya ini akan terus kita lakukan supaya kenyamanan masyarakat terjaga. Toh, mereka bukan kita berangus, tapi kita pindahkan,” tandasnya.

(kem)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Jasad Balita Korban Longsor Sukabumi Belum Dimakamkan