Hidayat Nurwahid Akan Temui Dubes AS Bahas 'Innocence of Muslims'

Jum'at, 21 September 2012 16:01 wib | Fiddy Anggriawan - Okezone

Foto: Okezone Foto: Okezone JAKARTA - Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat untuk Indonesia dikabarkan ditutup sementara, guna menghindari rentetetan aksi demonstrasi dari sejumlah kalangan muslim terkait film 'Innocent of Muslim'.
 
Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid, rencananya akan bertemu dengan Duta Besar Amerika Serikat guna membahas film yang banyak diprotes lantaran diduga menghina nabi Muhammad itu.
 
"Rencana demikian (akan bertemu)," ujar Hidayat di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Jumat (21/9/2012).
 
Hidayat mengatakan dirinya sempat mendapat informasi bahwa pihak Kedubes AS akan menyampaikan sikap terkait film yang diduga melecehkan Nabi Muhammad tersebut. Rencananya, Senin 24 September mendatang pihaknya akan mendatangi Kedubes AS.
 
"Senin baru akan datang, karena hari ini kantor mereka tutup," tuturnya.
 
Hidayat mengatakan bahwa dirinyalah yang mengundang Dubes AS untuk duduk bersama membahas film tersebut. Menurut Hidayat, kendati Amerika Serikat menjunjung tinggi kebebasan, bukan berarti toleransi beragama hilang.
 
"Secara prinsip kita menyadari pentingnya kebebasan bertoleransi. Di AS sendiri, kebebasan berpendapat dan menghargai hak asasi manusia (HAM), tetapi tidak menjadikan itu semua tidak serta merta dibolehkan," paparnya.
 
Kebebasan berekspresi dan pelecehan agama, kata Hidayat tidak bisa ditolerir oleh jumlah umat Islam yang mayoritas.
 
Terkait penutupan sementara Kedubes AS, Hidayat berpendapat hal itu berlebihan. Pasalnya, pihak Polri sudah menjamin keamanan disekitar Kedubes negara adi kuasa tersebut.
"Menurut saya menjadi berlebihan karena justru ini akan memperuncing," sambungnya.
 
"Di Amerika demo juga ada, itu hal yang biasa dan mustinya mereka bisa bersikap wajar dan berani menghadapinya. Agar dapat memberi contoh kepada Kedubes yang lain dalam menghadapi masalah," tutupnya.
(sus)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

 
Berita
Terpopuler
Komentar Terbanyak
BACA JUGA »