Kuburan Massal Ditemukan di Vietnam

|

Ilustrasi: Reuters

Kuburan Massal Ditemukan di Vietnam

HANOI - Sejumlah petani di Vietnam secara tak sengaja menemukan sebuah kuburan massal. Kuburan ini diketahui berisikan 20 kerangka tentara komunis yang tewas selama berlangsungnya Perang Vietnam.

"Kuburan tersebut ditemukan di sebuah perkebunan karet di Provinsi Dong Nai. Para petani itu mengaku mereka tengah berburu besi tua sebelum akhirnya mereka menemukan kuburan tersebut," ujar pejabat militer Nguyen Van Phat seperti dikutip Associated Press, Selasa (25/9/2012).

Namun belum dilakukan proses identifikasi lebih lanjut untuk mengungkap identitas tentara komunis itu. Selain puluhan rangka, Phat mengatakan di lokasi yang sama juga ditemukan 17 pasang sandal karet dan 23 ayunan.

"Para tentara ini diyakini tewas ketika terjadi serangan terhadap bandara pada 1969," ungkap Phat.

Sekira tiga juta warga Vietnam dan 58 ribu pasukan Amerika Serikat (AS) diketahui tewas dalam Perang Vietnam yang berakhir pada 1975. Perang ini berakhir ketika pasukan komunis berhasil menguasai Ibu Kota Vietnam Selatan, Saigon.

Sementara itu sekira 300 ribu korban yang jatuh dari pihak Vietnam utara hingga kini belum ditemukan keberadaannya.

Perang Vietnam atau yang dikenal dengan Perang Indochina keII ini terjadi pada 1957 hingga 1975 antara dua kubu yakni Vietnam selatan yang beraliran liberal dan Vietnam Utara yang beraliran komunis.

Dalam perang ini Vietnam Selatan didukukng oleh AS, Korea Selatan, Thailand, Australia, Selandia Baru dan Filipina. Sementara itu Vietnam Utara didukung oleh China.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Dua Gebrakan BNP2TKI Benahi Persoalan TKI