Selain Ginjal, EM Sempat Berniat Donorkan Mata

BANDUNG - Sebelum mendonorkan mata, EM (45) sempat akan mendonorkan bola matanya. Niatan itu muncul pada 2011 lalu, saat itu dia sudah datang ke RS Mata Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat.

 

“Tahun 2011 saya pernah datang ke Cicendo buat donor mata. Saat berkonsultasi, ternyata tidak boleh,” kata pria yang meminta namanya tidak disebut detil itu, Rabu (26/9/2012).

Kata EM, dokter RS Mata Cicendo hanya mengizinkan dia mendonorkan mata, bila sudah meninggal dunia. Selain itu, harus ada persetujuan dari pihak keluarga.

“Katanya, kalau donor mata sayanya harus meninggal dulu. Setelah meninggal, baru bisa didonor. Iitu pun tidak boleh lebih dari enam jam,” ujarnya.

Mendapat penjelasan itu, dia mengundurkan niat untuk mendonorkan mata. Kemudian muncul keinginan mendonorkan ginjalnya.

Disinggung apakah dia mengetahui dampak dari donor ginjal, EM mengaku sudah mengetahuinya dan siap menanggung risikonya.

“Efeknya, ibarat kita biasa angkat satu ember, tapi setelah ginjal didonorkan mungkin hanya kuat angkat satu ember saja,” terangnya.

Dia juga mengklaim ginjalnya dalam kondisi sehat. Hal itu dipastikannya setelah tinggal selama dua pekan di Bandung. Dia berjalan kaki dari Kota Baru Parahyangan, Padalarang, ke Jalan Jakarta, Bandung. “Itu saya kuat,” cetus pria bergolongan darah O itu.

Pria yang memiliki tinggi 165 sentimeter dan berat 70 kilogram itu juga menegaskan tekadnya untuk mendonorkan ginjal sudah bulat dan tidak bisa lagi ditawar. Dia akan mendonorkan tanpa mengharap imbalan. Itu dilakukan sebagai upaya untuk menebus kesalahan kepada istri dan empat anaknya.

Sementara itu berdasarkan penelusuran, donor ginjal sudah banyak terjadi di Indonesia. Bahkan, ada beberapa pendonor yang secara terang-terangan menjual ginjal dengan harga tertentu.

Tercantum, harga satu ginjal di Indonesia mencapai Rp250 juta hingga Rp500 juta. Sedangkan di luar negeri harga satu ginjal mencapai USD262 ribu atau sekira Rp2,4 miliar.

Sedangkan sepasang bola mata dihargai USD1.525 atau sekira Rp14 juta.

(ton)
Berita Rekomendasi Donor Organ Tubuh
breaking news x