AHM Buka Jurusan Teknik Mesin Motor

|

F: Astra Honda Motor (Azwar/Okezone)

AHM Buka Jurusan Teknik Mesin Motor
YOGYAKARTA – PT Astra Honda Motor (AHM) siap mencetak mekanik handal dari kalangan pelajar sekolah kejuruan (SMK). Setidaknya ada 60 SMK di tanah air yang akan dilengkapi dengan jurusan teknik khusus sepeda motor Honda.

Senior Manager Tehnical Training Departemen PT AHM Pusat, Handy Harico mengatakan AHM ingin bisa berkiprah lebih dalam memberingan sumbangsih kepada masyarakat. Untuk itulah mulai tahun ini dibuka sekolah menengah khusus jurusan teknik khusus motor Honda.

“Kita siap berbagi pengetahuan, skill dan keterampilan," Ujar Handy usai melakukan MoU di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, di Yogyakarta Kamis (27/9/2012).

MoU ini berisi kurikulum tehnik sepeda motor Honda sebagai mata pelajaran di sekolah. Sebenarnya tahun ini hanya akan dibuka 12 sekolah. Namun karena tingkat kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) tehnik yang handal, akhirnya dibuka 60 kelas.

Pada jurusan ini, setiap siswa akan dibekali segala pengetahuan tentang motor Honda. Mereka akan menjadi prioritas jika ingin bekerja di PT AHM. Sedangkan para guru diberikan training secara berjenjang baik itu tentang produk lama ataupun baru.

“Untuk tahap awal, setiap sekolah akan diberikan bantuan berupa unit motor untuk praktek, tool, buku pedoman, katalog Spare Part, training para guru, kurikulum benar-benar disiapkan sehingga lulusan siap pakai di lapangan,” tambahnya.

Head of Technical Service PT Astra Motor Yogyakarta, Michael Zumanto mengatakan, SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta ini merupakan SMK pertama di Yogyakarta yang membuka kelas khusus. Nantinya juga akan dibuka kelas serupa di SMK Maa'rif Wates SMK 2 Ajibarang, SMK YPT Magelang dan 2 SMK lainnya baru memasuki tahap verifikasi.

“Permintaan banyak tetapi harus kita verifikasi dengan persetujuan dinas,” jelas Zumanto.
(zwr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Hari Ini, Jokowi Temui Pimpinan DPR