Pilgub Jabar, Empat Pasang Balon Maju Jalur Perseorangan

ilustrasi pemilukada

Pilgub Jabar, Empat Pasang Balon Maju Jalur Perseorangan
BANDUNG- Jadwal Penyerahan Berkas Bakal Calon (Balon) gubernur dan wakil gubernur jalur perseorangan (independen) Pilgub Jabar 2013 ditutup malam tadi pukul 24.00 WIB, Jumat 5 Oktober 2012.

Hingga penutupan, KPU Jabar menerima empat pasangan yang menyerahkan berkas. Masing-masing pasangan mengklaim siap mengikuti Pilgub Jabar 2013, dan mengklaim memiliki dukungan lebih dari 1,4 juta yang disyaratkan Undang Undang.

Pasangan pertama yang menyerahkan berkas adalah Dikdik Mulyana Arief Mansur-Cecep S Toyib (Dikdik-Toyib), disusul pasangan Dedeng Yusuf Maolani-Maman Daning (Damang), Daday Hudaya-Deddy Dores (D2), dan terkahir Endang Ilyas-Mahmud Zaki Fuad.

"Hingga penutupan malam tadi, ada empat pasangan yang menyerahkan berkas dukungan. Dari empat pasangan itu, kebanyakan menyerahkan berkas pada hari terakhir jadwal penyerahan berkas," kata Sekertaris Pokja Pencalonan KPU Jabar, Teppy Wawan Dharmawan, di KPU Jabar, Sabtu (6/10/2012).

Pada hari terakhir jadwal penyerahan berkas Jumat, 5 Oktober, KPU Jabar menerima dua pasang yang menyerahkan berkas. Siangnya, KPU menerima berkas dari pasangan Daday Hudaya-Deddy Dores (D2). Malam hari pukul 23.40 WIB, KPU menerima berkas dari pasangan Endang Ilyas-Mahmud Zaki Fuad.

"Di berita acara penerimaan berkas, Endang-Mahmud menyerahkan berkas dengan sebaran di 17 kabupaten/kota di Jabar," kata Teppy.

Selanjutnya, berkas dari empat pasangan balon independen masih dalam proses penghitungan oleh petugas KPU Jabar, dibantu KPU Kabupaten/Kota, dan mahasiswa. Total petugas yang melakukan penghitungan dan pengecekan administrasi berkas dukungan sebanyak 260 petugas, termasuk dari mahasiswa.

Selesai perhitungan di KPU Jabar, berkas tersebut akan diserahkan ke PPS dan PPK untuk dilakukan verifikasi faktual di masing-masing kabupaten/kota. Hasil verifikasi ini akan menentukan pasangan mana yang berhak lolos untuk bisa mendaftar di Pilgub Jabar 2013 pada 4 November 2012.

Lanjut Teppy, penutupan penerimaan berkas ditutup tepat pukul 24.00 WIB malam tadi. "Semalam ada penutupan berkas, secara simbolik gerbang KPU Jabar kita tutup," pungkasnya. (kem)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bugatti Veyron Ini Buatan Seniman Boyolali