10 Oktober 2012, Hari Bersejarah untuk Yogyakarta

|

10 Oktober 2012, Hari Bersejarah untuk Yogyakarta

YOGYAKARTA - Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyudi, menyebut hari ini merupakan peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia, khususnya Yogyakarta. Sebab, 10 Oktober 2012 Sultan Hamengkubuwono X dan Pakualam IX dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Gedung Agung Yogyakarta. 

"Saya kira hari ini merupakan peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia, khususnya untuk Yogyakarta. Kita semua menjadi saksi sejarah atas pelantikan sesuai amanat UU Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan Yogyakarta," kata Haryadi usai pelantikan, Rabu (10/10/2012).

Dia mengaku sangat bangga dengan masyarakat Yogyakarta yang menyikapi pelantikan itu secara bersahaja. Haryadi juga memberikan apresiasi terhadap masyarakat Yogyakarta yang secara guyup, rukun, serta tidak berlebihan menyikapi pelantikan tersebut.

Sebagaimana dalam pidatonya, Presiden SBY berpesan agar Sultan HB X dan Pakualam IX menggunakan anggaran secara baik. Artinya, setiap anggaran yang dikeluarkan harus dipertanggunjawabkan.

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY berlangsung pukul 09.00 WIB hingga 09.45 WIB. Selama pelantikan, Jalan Malioboro ditutup, begitu pula dengan toko-toko serta pedagang kaki lima di jalan tersebut. Mereka memilih tutup untuk menghormati pelantikan Raja Keraton Yogyakarta itu.

(ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Antre Kartu Sakti Jokowi, Nenek Sempoyongan