Setelah Gelar Perkara, Polri Serahkan Kasus SIM ke KPK

Penyidik KPK saat menggeledah kantor Korlantas Polri (foto: Heru)

Setelah Gelar Perkara, Polri Serahkan Kasus SIM ke KPK
JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Bareskrim POlri akan melakukan gelar perkara kasus Simulator SIM. Gelar perkara akan dilakukan sebelum berkas dilimpahkan Polri ke KPK.

Ada tiga tersangka dalam berkas perkara yang ditangani Bareskrim yakni Wakil Kepala Korlantas Polri, Brigjen Pol Didik Purnomo, dua orang dari pihak swasta yang menjalankan proyek simulator SIM, Sukotjo S. Bambang dan Budi Santoso.

"Saat ini masih dibicarakan, nanti akan ada ekspose dalam penyidik Bareskrim terhadap penyidik KPK. Kemudian dengan mengikutsertakan pihak Kejaksaan setelah itu ditentukan ulang pelimpahan berkasnya seperti apa," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat, Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (11/10/2012).

Menurut Boy, mekanisme pelimpahan akan diputuskan beberapa waktu kedepan. Mabes Polri juga tidak memaksa penyidik KPK untuk melanjutkan berkas perkara yang telah dibuat penyidik Polri.

"Mau digunakan boleh, tidak juga tidak apa-apa, terserah penyidik KPK. Kita tidak ada masalah, tinggal bagaimana maunya dalam menuntaskan penyidikan terkait dengan tersangka tersebut," paparnya.

Namun yang terpenting, lanjut Boy, Kepolisian akan menyerahkan data-data secara keseluruhan, termasuk barang bukti. "Saat ini penahanan ketiganya sendiri juga sudah diperpanjang," sambungnya.

Jenderal Polisi bintang satu ini menambahkan, pihaknya sudah bertemu dengan penyidik KPK. Tekhnis pelimpahan berkas perkara akan mengikuti kemauan penyidik KPK.

"Bagaimana keinginan mereka akan kita sesuaikan, jadi silahkan dilanjutkan. Tentu teknis mewujudkannya seperti apa biar saja penyidik KPK yang menentukan," tutupnya. (trk)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    ITB Borong Juara di Kontes Robot Terbang 2014