Laporan dari Arab Saudi

Calhaj Mulai Masuk Arafah, Perhatikan Cuaca

Rabu, 24 Oktober 2012 18:14 wib | Fetra Hariandja - Okezone

Jamaah haji Indonesia (Foto: Dok. Okezone) Jamaah haji Indonesia (Foto: Dok. Okezone) MAKKAH - Jamaah calon haji (calhaj) secara bergelombang mulai masuk ke Padang Arafah mulai siang ini. Mereka akan melaksanakan wukuf pada 10 Dzulhijjah atau 25 Oktober 2012.

Ada catatan yang harus diperhatikan jamaah setelah menempati tenda di Padang Arafah. Saat ini, cuaca di Arafah sulit ditebak. Pasalnya, empat hari lalu hujan deras mengguyur lokasi wukuf tersebut. Hujan disertai angin kencang juga membuat tenda roboh.

Amirul Haj Indonesia Suryadharma Ali meminta jamaah calhaj mempersiapkan fisik agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan maksimal. Sehingga dengan cuaca apapun, prosesi haji bisa berjalan lancar.

"Jamaah calhaj harus siap menghadapi cuaca hujan dan panas. Saya juga pesan para calhaj jangan lupa makan kurma agar kondisi fisik bisa terjaga," kata Suryadharma Ali di Arafah.

Selain calhaj, Suryadharma Ali juga mengingatkan Muassasah (panitia lokal) agar sigap bila hujan turun. Hal terpenting yang harus dilakukan Muassasah adalah segera mengganti bantal dan karpet yang basah akibat hujan.

"Kalau karpet basah pasti tidak bisa digunakan. Jadi Muassasah harus cepat menggantinya," papar Suryadharma Ali. (mbs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »