Muslim di Kudus Tak Sembelih Sapi untuk Kurban, Kenapa?

(Ilustrasi sapi unggul asal Gresik, Dok: RCTI)

Muslim di Kudus Tak Sembelih Sapi untuk Kurban, Kenapa?
KUDUS - Masyarakat Muslim di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, masih memegang teguh tradisi tidak memotong sapi saat Idul Adha. Hal itu sudah terjadi sejak ratusan tahun lalu.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kudus, KH Syafiq Nashan, mengungkapkan, warga tidak menyembelih sapi untuk berkurban karena mengikuti fatwa Sunan Ja'far Shodiq atau Sunan Kudus.

Syafiq mengatakan, sekira 500 tahun lalu Sunan Kudus megeluarkan fatwa kepada keluarga dan pengikutnya agar tidak menyembelih sapi sebagai hewan kurban. Sebab pada masa itu, mayoritas penduduk Kudus merupakan penganut Hindu. Umat Hindu meyakini sapi disucikan para dewa.

Sunan Kudus, kata Syafiq, mengeluarkan fatwa itu untuk menghargai kepercayaan agama lain.

Dia melanjutkan, pada Idul Adha di zaman Sunan Kudus, sapi-sapi hanya ditaruh di sekitar Masjid Al Aqsa Menara dan tidak ada yang disembelih. Sebagai gantinya, hanya kerbau dan kambing yang dijadikan hewan kurban.

Dengan cara tersebut, warga Hindu tidak merasa terhina dan tetap dihargai kepercayaannya.

Pendekatan Sunan Kudus itu terbukti efektif, sehingga banyak penganut Hindu yang datang ke masjid untuk menyaksikan penyembelihan hewan kurban. Bahkan banyak di antara mereka yang akhirnya berpindah dan memeluk Islam.

Syafiq menegaskan, tidak ada larangan untuk menyembelih sapi dalam Islam sehingga sah-sah saja sebenarnya bagi warga Kudus untuk menyembelih sapi.

Kendati demikian, lanjut Syafiq, warga Kudus tampaknya tidak menyembelih sapi untuk berkurban. Mereka masih mengikuti fatwa Sunan Kudus. Bahkan, sejumlah perusahaan dan intansi pemerintahan juga menghindari menyembelih sapi.
(ton)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    • Etalase
      Senin, 08 September 2014 10:59 WIB

      "Munir" Tetap Suarakan Keadilan

      Sunyi, kala belasan pegiat hak asasi manusia (HAM) dari Jaringan Pemuda Batu mengunjungi sebuah makam di TPU Kelurahan Sisir, Kota Batu, Jawa Timur, akhir pekan lalu.

    • Etalase
      Rabu, 27 Agustus 2014 10:48 WIB

      Derita Balita Pengungsi Korban Tsunami Mentawai

      Gizi buruk dialami sejumlah anak dari pengungsi korban tsunami Mentawai. Minimnya asupan makanan bergizi serta lingkungan yang kotor turut berkontribusi membuat anak-anak tumbuh secara tidak normal.

    • Etalase
      Rabu, 20 Agustus 2014 10:26 WIB

      Yadnya Kasada di Mata Wong Tengger

      Rela bolos sekolah serta rela menunda atau meninggalkan pekerjaan demi melarung sesaji ke kawah Gunung Bromo. Lantas, apa itu Yadnya Kasada di mata orang Tengger?

    • Etalase
      Senin, 18 Agustus 2014 10:20 WIB

      Istimewanya Upacara Yadnya Kasada di Gunung Bromo

      Yadnya Kasada termasuk upacara yang istimewa bagi warga Tengger karena diselenggarakan di Gunung Bromo. Dalam upacara tersebut juga diadakan ujian dan pengkuhan dukun-dukun baru.

    • , : WIB

    • , : WIB

    • , : WIB

    • , : WIB

    • , : WIB

    • , : WIB

    Baca Juga

    Kasus Pelecehan Siswi SD di Medan Jalan di Tempat