Pemuda Harus Bangkit dan Bersatu!

Ilustrasi (Okezone)

Pemuda Harus Bangkit dan Bersatu!
JAKARTA- Semangat Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 harus dijadikan inspirasi generasi muda untuk bangkit membangun Indonesia. Kebangkitan pemuda ini juga harus dibarengi dengan persatuan pemuda dan semangat kesatuan dalam bingkai NKRI.

"Beberapa tahun ke depan akan muncul banyak tokoh muda dalam berbagai bidang, namun kemunculan tersebut harus dibarengi dengan persatuan pemuda yang kuat. Ketika ada konflik itu wajar. Jadikan konflik itu sebagai dinamisasi internal saja untuk mematangkan kepemimpinan kita, tanpa perlu muncul ke publik," kata ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Taufan EN Rotorasiko dalam keteranganya, Minggu (28/10/2012).

Peringatan sumpah pemuda tahun ini, kata Taufan, sangat berkesan. Pasalnya banyak sekali kegiatan kepemudaan yang diselenggarakan oleh kelompok dan komunitas pemuda di dalam dan di luar negeri.

Taufan pun menyoal peringatan sumpah pemuda. Menurutnya, harus ada 'upgrade', pemaknaan ulang dan jika perlu diadakan sumpah pemuda sesi ke-II. Ia menilai, sumpah pemuda adalah perumusan nilai sebagai karakter pemuda indonesia.  Untuk itu, kata Taufan, KNPI akan memperjuangkan tiga hal. Pertama, Karakter pemuda yang mempunyai nilai  disiplin, jujur, beretika, sabar, berjuang ,ikhlas dan lain sebagainya. "Pemuda  Jangan  sampai kehilangkan karakter. Karena kehilangan karakter sama dengan kehilangan segalanya," tukasnya.

Ia menyindir sikap pragmatisme yang melekat pada pemuda saat ini. Menurutnya, sikap itu harus diubah menjadi sikap berjuang dan berkarya. "Sebab tidak lama lagi kita akan masuk pada kompetisi Asean Community. Dan hanya dengan kerja keras, pemuda akan menghantarkan bangsa ke level yang lebih tinggi untuk setara dengan bangsa-bangsa besar lainya," tukasnya. (ugo)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Api di PT BKP Bekasi Berasal dari Percikan Las