Yamaha Zupiter Z1 GP, YZR-M1 Banget!

|

F: Yahama Jupiter Z1 GP (Azwar F/Okezone)

Yamaha Zupiter Z1 GP, YZR-M1 Banget!
JAKARTA – Punya Jupiter Z1 di rumah terus bingung mau dimodifikasi pakai gaya apa? Coba contek Zupiter Z1 GP ini. Motor konsep ini dipajang Yamaha di ajang Jakarta Motorcycle Show 2012 lalu.
 
Mengusung desain motor balap ala tunggangan Jorge Lorenzo dan Ben Spies Yamaha YZR-M1, ternyata ubahannya lumayan dapet. Modifikator memang tidak harus bingung dulu kalau mau modif Jupiter Z1 pakai konsep balap, pasalnya Yamaha Jupiter Z1 sudah kental dengan atmosfer racing balap.
 
Gak percaya? Jupiter Z1 ini mengusung sang juara dunia MotoGP musim ini sebagai duta merek. Jupiter Z1 yang sudah menggunakan teknologi fuel injection juga dipakai sebagai motor paddock Yamaha Factory Racing MotoGP Team.
 
Kesan MotoGP itu dituangkan di konsep Jupiter Z1 GP. Hebatnya, motor ini bukan cuma ‘ganti baju’, tapi mesin dan sistem suspensi serta kaki sudah diracang Yamaha Jepang untuk jadi motor balap yang siap diandalkan di ajang balapan nasional.
 
Jok single seater sudah mencirikan motor ini pakai konsep racing. Bagian belakang jok dipapras dan ditutup cover yang bikin buntut makin runcing. Bagian samping pas di tengah jok ada lubang, dan terlihat tutup tangki bensinnya.
 
Jupiter Z1 GP ini sudah tidak bisa lagi dipakai di jalanan, karena kelengkapan berkendara seperti lampu depan, sen, dan lampu belakang sudah lenyap. Kaca spion atau dudukan nomor polisi juga ditanggalkan. Posisi seang juga dibikin rendah, untuk mendapatkan posisi berkendara yang baik saat balap.
 
Lubang-lubang bekas lampu ini bukan tidak berguna. Wajah depan Jupiter Z1 GP jadi lebih sangar dengan beberapa ubahan yang menggunakan bekas lampu. Soal kelir motor, Yamaha Jepang tetap mengandalkan warna biru-putih dan hitam khas Yamaha di MotoGP.
 
Coba tengok pijakan kakinya (foot step), cantik bukan. Ini mengaplikasi footstep pada motor sport Yamaha. Sedangkan knalpot juga sudah pakai model racing Akrapovic yang dibuat khusus untuk Jupiter Z1.
 
Suspensi belakang tetap dua shock dengan model tabung. Velg masih menggunakan milik Yamaha, hanya terlihat bagian belakang sudah lebih lebar seperti milik Yamaha New Jupiter MX. Ban terlihat menggunakan merek Bridgestone Battlax BT 39R, dan motor sudah dilengkapi rem cakram depan-belakang dengan merek Nissin.
(zwr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Selingkuh, Novi Tewas Ditangan Suami