Foto Satelit Ungkap Uji Coba Misil Korut

Foto: AFP

Foto Satelit Ungkap Uji Coba Misil Korut
PYONGYANG  - Sebuah pencitraan satelit menunjukkan bahwa Korea Utara (Korut) sedang melangsungkan uji coba roket. Hal tersebut ditengarai sebagai bagian dari upaya negara komunis itu untuk memiliki misil jarak jauh.

Foto satelit ini diambil sekitar bulan September lalu dan menangkap pencitraan di daerah Sohae, Korea Utara. Dalam analisa foto tersebut disimpulkan bahwa Korut telah melakukan uji coba peluncuran roket.

Pada April lalu, Korut mengumumkan bahwa negaranya akan melakukan peluncuran roket yang membawa satelit buatan negara tersebut. Upaya peluncuran roket itu mengalami kegagalan, setelah roket itu dialporkan hancur sesaat setelah diluncurkan.

Pengamat menyatakan bahwa setelah percobaan yang gagal pada April lalu, Korut telah melakukan setidaknya 2 kali uji coba roket. Kesimpulan tersebut diambil setelah melihat foto satelit yang didapat itu.

“Tes roket yang dilakukan Korut menunjukan bahwa program misil jarak jauh yang dilakukan negara itu berkembang maju. Namun waktu pasti kapan Korut akan kembali melakukan peluncuran roket belum dapat dipastikan," Ujar anggota lembaga peneliti North 38 mengomentari foto satelit itu Joel Wit, seperti dikutip The Washington Post, Selasa (13/11/2012).

Dalam foto tersebut juga terungkap bahwa Korut membangun tempat peluncuran roket baru yang diperkirakan dapat meluncurkan roket yang lebih besar dibandingkan roket-roket yang dimiliki korut sebelumnya. (faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pertemuan Gagal, Hong Kong Masih Panas