Ditetapkan Sebagai Tersangka Korupsi, Bupati Sula 'Mencak-Mencak'

Kamis, 15 November 2012 13:16 wib | Usman Sidik Dana Ezha - Sindo TV

Ilustrasi Ilustrasi TERNATE – Bupati Kepulauan Sula, Ahmad Hidayat, berseteru dengan Kapolda Maluku Utara, Brigjen Affan Richwanto, terkait penetapan dirinya sebagai tersangka dalam kasus korupsi pembangunan mesjid raya senilai Rp25 miliar.

Hidayat menilai penetapan status itu merupakan bentuk politik praktis yang sengaja digaungkan karena dirinya akan maju menjadi bakal calon Gubernur Maluku Utara pada 2013 mendatang.

“Saya curiga adanya penyusup gelap yang masuk di lingkaran Mapolda menjelang pemilihan Gubernur Maluku Utara pada 2013 mendatang,” katanya di Ternate, Kamis (15/11/2012).

Dia juga mengaku kecewa dengan pernyataan kapolda yang menyebut dirinya sebagai aktor utama sekaligus aktor intelektual di balik kasus korupsi dana APBD 2006 itu. Menurutnya, pernyataan itu berbau politik.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Malut, Kombes Pol Hendrik M. Rumsayor menampik tudingan bupati tersebut. Penetapan tersangka terhadap Hidayat berdasarkan keterangan 28 saksi dan tiga orang tersangka.

“Kami mengantongi bukti-bukti yang bersangkautan menerima kucuran dana pembangunan senilai Rp23 miliar dari total anggaran Rp25 miliar. Itu sebabnya penyidik menetapkannya sebagai tersangka,” jelas Hendrik.

Dia mengaku, pihaknya dalam waktu dekat akan memanggil dan memeriksa Ketua DPD Partai Golkar Malut yang sudah menjabat sebagai Bupati Sula selama dua periode itu.

Selain Hidayat, Polda Malut juga menetapkan tiga orang lainnya sebagai tersangka. Mereka adalah Kadis PU Kabupaten Sula Mahmud Syafrudin, Penjabat Pembuat Komitmen Safrudin Buamonabot, dan Manager Direktur Utama PT Mangole Mage M. Tjiarso. Ketiganya saat ini ditahan di ruang tahanan Mapolda Malut

Sebagaimana diketahui, pembangunan Mesjid Raya Kepulauan Sula dianggarkan  melalui APBD tahun 2006 hingga 2010 sebesar Rp25 miliar. Namun dana tersebut tidak pernah digunakan  untuk pembangunan mesjid. (Usman Sidik Dana Ezha/Sindo TV/ris)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »