Polisi Tangkap Dukun Palsu Pengganda Uang

Ilustrasi

Polisi Tangkap Dukun Palsu Pengganda Uang
SURABAYA – Seorang kuli bangunan di Surabaya, Jawa Timur, terpaksa berurusan dengan polisi karena diduga melakukan penipuan. Pria bernama Gusti Ermansyah (42) mengaku sebagai dukun dan membawa kabur uang senilai Rp74 juta dari pasiennya.

Petualangan Gusti sebagai dukun sakti yang mampu mengobati maupun melipatgandakan uang berakhir sudah. Senin siang, warga Banyuwangi ini ditangkap di kosnya dan kini menjalani pemeriksaan di Mapolsek Wonocolo.

Penangkapan pelaku bermula dari laporan tiga orang yang mengaku sebagai korban penipuan. Mereka yakni Noer Udin, Jaka dan Anton, warga Jalan Jemursari.

Kanit Reskrim Polsek Wonocolo, AKP Nur Suhud, mengatakan, dalam beraksi, pelaku menukar barang-barang berharga milik korbannya dengan barang yang diakuinya memiliki kasiat. Misalnya, minyak serta ratusan lembar kertas kosong.

“Aksinya berlangsung di rumah korbannya. Dia meminta ruang khusus untuk ritual. Tiap ritual, tersangka meminta korban menaruh uang di antara tumpukan perlengkapan ritual,” jelasnya, Senin (26/11/2012).

Begitu korban menuruti perintahnya, sambung Suhud, pelaku meminta pasiennya keluar untuk membuatkan kopi. Saat itulah, uang yang disediakan korban diturkan dengan ratusan lembar kertas di dalam amplop. Tersangka meminta korbannya membuka amplop tersebut pada 12 hari ke depan.

“Setelah 12 hari, uang tersebut diakuinya dapat berlipat ganda hingga miliaran rupiah,” terangnya.

Namun, korban merasa tertipu, karena setelah ditunggu hingga waktu yang ditentukan, yang didapatinya hanya kertas kosong serta minyak tujuh warna.  Sementara itu, pelaku, mengaku uang hasil kerjanya itu ia habiskan untuk berfoya-foya.

Dari tangan tersangka, barang bukti yang berhasil disita di antaranya, piring, kisab suci Alquran, kain kafan, sebotol cairan minyak, kardus dan ratusan lembar kertas serta amplop. (ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pasca-Lengser, SBY Akan Sungkem ke Orangtua