Pemkot Gorontalo Pinjam Rp35 M ke PIP

Sabtu, 01 Desember 2012 16:33 wib | Gina Nur Maftuhah - Okezone

Ilustrasi (Foto: Okezone) Ilustrasi (Foto: Okezone) JAKARTA - Pusat Investasi Pemerintah (PIP) memberikan pinjaman Rp35 miliar kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo. Pinjaman ini akan digunakan Pemerintah Gorontalo untuk pembangunan konstruksi Terminal Dungingi Tipe A.

Pemberian pinjaman ini diberikan dalam jangka waktu lima tahun dan masa tenggang pembayaran pokok (grace periode) 16 bulan. Bunga pinjaman sebesar 7,75 persen per tahun.

"PIP menyetujui pemberian pinjaman ini setelah melakukan analisa kelayakan terhadap kemampuan keuangan Pemkot Gorontalo dan proyek Terminal Dungingi," jelas PIP dalam siaran pers, Sabtu (1/12/2012).

Proses penilaian kelayakan proyek ini, tambahnya, membutuhkan waktu karena PIP menerapkan prinsip kehati-hatian dalam melakukan analisis terhadap kemampuan keuangan daerah, termasuk aspek kebutuhan layanan publik dan dan kebijakan daerah yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) terkait dengan pengembangan terminal tersebut.

"PIP juga berharap dapat terus memberikan kontribusi berupa pembiayaan kepada Pemkot Gorontalo. Hal ini karena merupakan salah satu bentuk manifestasi peran PIP dalam mempercepat pembangunan infrastruktur nasional, khususnya di daerah," pungkasnya.


(gnm)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »