BPPOM Denpasar Sita 38 Ribu Kemasan Obat Berbahaya

|

ilustrasi pemusnahan obat

BPPOM Denpasar Sita 38 Ribu Kemasan Obat Berbahaya
DENPASAR- Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Denpasar mengamankan 38.936 kemasan obat kesehatan dan kosmetik kecantikan karena tidak dilengkapi izin edar, serta dianggap berbahaya jika dikonsumsi manusia.

Ribuan Obat-obatan yang ditarik dari pasaran disita dari enam tempat penjualan tersebar di Denpasar (empat lokasi), serta masing-masing Gianyar dan Tabanan.

“Temuan ini hasil operasi gabungan nasional serentak di Indonesia termasuk di Bali, selama tiga hari dari 2 hingga 4 Desember 2012,” papar Kepala BBPOM Denpasar, Corry Pandjaitan, didampingi Kepala Bidang Pemeriksaan dan Penyidikan, I Gusti Ayu Adhi Aryapatni, Selasa (4/12/2012).

Dari jumlah itu, terdiri 236 item produk berupa obat-obatan tradisional dan modern, selain itu juga terdapat kosmetik berbahaya Tanpa Ijin Edar (TIE).

Selain illegal, semua produk ini ditarik karena dari hasil uji di laboratorium, produk-produk tersebut mengandung bahan kimia obat (BKO), obat keras yang dilarang.

"Ada juga kesalahan penjualan dengan sembarangan tanpa melalui toko obat atau apotek resmi” urainya.

Dia menjelaskan, semua obat tersebut jika dikonsumsi secara berkala dampaknya sangat berbahaya bagi kesehatan pemakainya.

Demikian juga kosmetik yang diamankan, berbahaya jika dipakai, karena  kosmetik ini mengandung merkuri, hidrokinon, asam retinoat. Jenis ini akan menjadi racun dalam tubuh pengguna.

Atas temuan ini, lanjut Corry, dilanjutkan proses yustisia dan bakal dikenakan UU no.36 tahun 2009 tentang kesehatan, sekaligus memberikan efek jera.

Dalam pasal pasal 197, disebutkan setiap orang yang dengan sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi dan atau alat kesehatan yang tidak memiliki izin edar, dapat dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp1,5 miliar. (kem)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Wanita Ini Tewas Akibat Tertimbun Longsor