Demo UMP 2013, Buruh Medan Blokir Jalan Bandara Polonia

|

Ilustrasi, demo buruh Tangerang beberapa waktu lalu

Demo UMP 2013, Buruh Medan Blokir Jalan Bandara Polonia

MEDAN- Ribuan buruh yang tergabung dalam Pekerja Buruh Melawan (PBM) melakukan aksi unjuk rasa di Bandara Polonia Medan untuk meminta upah minimum provinsi (UMP) dinaikkan menjadi Rp2,2 juta.

Akibat aksi buruh itu, Bandara Polonia Medan lumpuh total dan ratusan penumpang terlantar, Rabu (5/12/2012) Medan.

Koordinator Aksi Hermanto dalam orasinya menyatakan, kedatangan buruh ke Bandara untuk meminta kepada Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho untuk menetapkan UMP provinsi sumut.

"Kalau permintaan ini tidak dipenuhi, maka massa buruh akan terus bertahan di Bandara Polonia," katanya.

Dia menjelaskan, memang Pemprov Sumut menaikkan UMP dari Rp1,2 juta menjadi Rp1,375 juta. Kenaikkannya hanya Rp175 ribu dinilai tidak sesuai dengan permintaan yang sudah disampaikan sebelumnya kepada pemerintah.

Dalam aksi ini, ribuan buruh menuntut menolak revisi penetapan upah tahun 2013 Rp1,375 juta dan menetapkan UMP 2013 sebesar Rp2,2 juta. Meminta Gubernur Sumut untuk tidak mengeluarkan SK UMK / UMSK Kabupaten/ Kota se-Sumut sebelum revisi UMP 2013.

Berdasarkan pantauan Okezone, ribuan buruh datang ke Bandara Polonia Medan dengan menggunakan truk, sepeda motor, dan angkutan umum. Jalan masuk menuju bandara diblokir buruh, sementara polisi sudah melakukan penjagaan dengan kawat berduri dan water canon.

Puluhan penumpang pesawat yang akan memasuki Bandara Polonia Medan terpaksa berjalan kaki dan memutar sejauh 1 kilometer untuk bisa masuk ke dalam. Hingga saat ini aksi buruh masih berlangsung.

(kem)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Jonan Perketat Standardisasi Sekolah Pilot