Margonda, Jalur Maut Pejalan Kaki

|

Kota Depok, sumber: wordpress

Margonda, Jalur Maut Pejalan Kaki

DEPOK - Kecelakaan di Jalan Margonda Raya berulang kali terjadi karena minimnya Jembatan Penyeberangan Orang (JPO). Terakhir, seorang wanita bernama Endang menjadi korban tabrak lari dan tewas dengan kondisi yang mengenaskan jalan utama Kota Depok itu.

Untuk menyeberang jalan, pejalan kaki harus menunggu hingga 10 menit, karena kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi. Bayangkan saja, di jalan sepanjang 5,2 KM itu, hanya ada dua JPO yang berada di depan pusat perbelanjaan Margo City-Detos dan Terminal Depok-Plaza Depok. Bahkan, kondisi JPO di depan Terminal Depok sudah lapuk tak terurus.

Data Satuan Lalu Lintas (Lantas) Polres Depok, 80 persen kecelakaan didominasi oleh pengguna kendaraan roda dua. Selain Jalan Margonda, titik rawan kecelakaan di Depok antara lain Jalan Raya Bogor, Jalan Raya dan Jalan Parung-Ciputat.

Tercatat, Januari-November 2012, angka kecelakaan penyeberang mencapai 213 kasus dengan angka meninggal dunia hingga 155 kasus.

“Rata-rata yang tertabrak adalah pengguna jalan kaki. Dan memang di kawasan padat pemukiman. Kejadian ini terjadi karena tidak adanya JPO yang dibangun Pemkot Depok. Pengabaian keselamatan penjalan kaki kurang diperhatikan,” kata Kasat Lantas Polresta Depok, Kompol Kristanto Yoga, Kamis (7/12/2012).

Pihaknya masih mengusut kasus kecelakaan yang menyebabkan korban tewas pada Rabu malam itu. Pihaknya sedang mengumpulkan keterangan lapangan dan saksi mata.

“Kalau dilihat memang lokasi kejadian sangat rawan. Ini bukan sekali terjadi, sudah banyak korban jiwa yang lain” tegasnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Didin Zainuddin mengatakan, pihaknya baru akan membangun JPO pada 2013 nanti. Setidaknya, ada tujuh titik yang akan dibangun JPO. “Misalnya di Gang Kober, Universitas Gunadarma, depan Kantor Wali Kota, Terminal Depok, dan depan Halte Jalan Siliwangi,” ujar Dindin.

Pengamat Transportasi Universitas Indonesia (UI) Jachrizal menilai, pembangunan Jalan Margonda mengabaikan hak pejalan kaki. Terbukti dengan adanya pelebaran jalan namun tidak dibarengi dengan pembangunan JPO.

(trk)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Si Jago Merah Mengamuk di Kalideres