GP Ansor: Gus Dur Lengser karena Kalah Voting, Bukan Korupsi

|

Gus Dur (Foto: Dok Okezone)

GP Ansor: Gus Dur Lengser karena Kalah Voting, Bukan Korupsi

JAKARTA - Gerakan Pemuda (GP) Ansor menilai, penyebab jatuhnya pemerintahan Presiden keempat Republik Indonesia Abdurrahman Wahid (Gus Dur) adalah hasil Sidang Istimewa MPR.

Ketua Umum GP Ansor, Nusron Wahid menegaskan, isu yang mengatakan Gus Dur jatuh karena kasus Buloggate dan Bruneigate tidaklah benar. Hal ini sekaligus mengkritisi mengenai Lembar Kerja Siswa (LKS) dikalangan pelajar SMA di Kabupaten Gresik yang dianggap melecehkan Gus Dur. 

Diakui Nusron, Kementerian Agama Republik Indonesia sudah meminta maaf terkait adanya pembahasan Gus Dur di LKS yang terkesan melecehkan tersebut.

"LKS tersebut saat ini sudah dicabut oleh Dinas pendidikan di Gresik," ungkapnya kepada Okezone, Selasa (11/12/2012) malam.

Selanjutnya, Nusron meminta para guru SMA dan Madrasah Aliyah di seluruh Indonesia perlu melakukan penjelasan yang sesuai dengan hasil sidang istimewa, bahwa Gus Dur lengser bukan karena kasus Buloggate dan Bruneigate, tetapi karena kalah voting pada saat itu.

Nusron menambahkan, hingga saat ini kasus Buloggate dan Bruneigate sendiri belum bisa dibuktikan sebagai penyebab lengsernya Gus Dur saat menjabat sebagai presiden.

"Kami meminta dinas pendidikan melakukan kajian fakta sejarah soal penyebab turunya Gus Dur dari kursi presiden dan jangan hanya berprasangka saja," terangnya.

Namun Nusron membantah, apakah ada hubungannya LKS dengan pernyataan Sutan Bhatoegana soal pelecehan terhadap tokoh Nahdatul Ulama ini. "Hal ini tidak ada kaitannya dengan pernyataan Sutan tempo hari, yang mungkin serupa dengan soal di LKS tersebut. Pasalnya, soal-soal itu dibuat jauh sebelum Sutan melontarkan pernyataan tentang Gus Dur," tutupnya.

(put)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kejagung Sita Aset Udar Pristono