Image

Ribuan Ternak Mati Diserang Virus Jenis Baru

Ilustrasi

Ilustrasi

BOGOR - Kematian belasan ribu itik di Brebes, Jawa Tengah, dan sejumlah daerah lain, diduga disebabkan virus H5N1jenis baru. Demikian disampaikan dosen mikrobiologi dan imonologi, Institut Pertanian Bogor (IPB), I Wayan Teguh Wibawan.

Menurut Teguh, virus itu termasuk ke dalam clade 2.3.2 atau dari golongan berbeda dari virus sebelumnya. “Clade merupakan penyakit baru yang menyerang suatu kelompok baru yang belum memeiliki kekebalan terhadap clade. Termasuk hewan itik dan hewan unggas lainnya,” katanya di Bogor, Jumat (14/12/2012).

Dia melanjutkan, penyebab munculnya virus tersebut bisa saja karena migrasi burung/mutasi virus yang ada di Indonesia. Selain itu perdagangan unggas yang tidak terkontrol juga menjadi pemicu.

Cara pencegahan, sambung dia, dapat dilakukan dengan tindakan biosecurity, antara lain pembatasan transportasi unggas unggas sakit dari satu wilayah ke wilayah lain. “Melakukan pemusnahan terbatas dan melakukan disinfektan,” jelasnya.

Virus yang sudah membunuh puluhan ribu unggas itu dinilainya sama dengan yang beredar di China dan Vietnam.

Teguh berharap pemerintah segera menyikapi kasus tersebut sebelum menyerang tanpa kendali. “Segera mencari sumber penularan penyakit tersebut dengan melakukan investigasi, antara lain apakah masuknya virus tersebut melalui perdagangan antarnegara atau lainnya,” sarannya.

Cara lain, kata dia, yakni memantau keberadaan burung-burung yang bermigrasi ke wilayah Indonesia agar virus tidak bermutasi.

(ris)
Live Streaming
Logo
breaking news x