Ayam Mati Medadak, Jangan Dijadikan Pakan Lele!

|

Ilustrasi

Ayam Mati Medadak, Jangan Dijadikan Pakan Lele!
SLEMAN - Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Sleman, mengimbau para peternak agar tidak menjadikan bangkai ayam yang mati mendadak, sebagai pakan lele. Dikhawatirkan ikan tersebut akan diteruskan ke pasaran.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Sleman, Slamet Riyadi Martoyo, mengaku pernah menemui kejadian tersebut. Meski, terjadi di luar daerah, namun berdasarkan laporan, ayam tiren itu didatangkan dari Sleman.

"Jangan digunakan untuk pakan lele, nanti malah dijual. Itu kan namanya penjualan ayam tiren, sebaiknya dipendam atau dibakar," kata dia di Sleman, Selasa (18/12/12).

Mengantisipasi adanya ayam mati mendadak, pihaknya, sudah mengumpulkan petugas untuk melakukan pengecekan. "Kita juga mengimbau (masyarakat) agar ketika menemukan ayam mati mendadak segera melapor, agar bisa ditangani oleh petugas. Sudah kita sediakan 12 puskeswan yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Sleman," ujarnya.

Berdasarkan data, ayam mati mendadak terjadi di Dusun Kledokan, Selomartani, Kalasan. Sebanyak 300 ayam mati dalam kurun waktu 10 hari karena bakteri e-coli dari sumur yang tak jauh dari kandang ayam. (ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kecelakaan di Exit Tol Jati Warna, Satu Orang Tewas