Golkar Terpecah, Pencapresan Ical Akan Keropos

Rabu, 26 Desember 2012 10:14 wib | Susi Fatimah - Okezone

Golkar Terpecah, Pencapresan Ical Akan Keropos Foto: Okezone JAKARTA - Pencalonan Aburizal Bakrie menjadi calon presiden dari Partai Golkar rupanya tak berjalan mulus. Tak hanya itu, kader Golkar lain juga dikabarkan akan maju di Pemilihan Presiden 20014 mendatang, salah satunya Jusuf Kalla. Akibatnya, munculah faksi-faksi di tubuh Golkar.
 
Politikus Partai Golkar, Muladi, mengatakan bahwa partainya kini terpecah menjadi empat faksi yaitu faksi Jusuf Kalla, faksi Aburizal Bakrie, faksi Akbar Tanjung, dan faksi Agung Laksono.
 
Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Gun Gun Heryanto, menilai, bukan hal yang aneh jika di tubuh Partai Golkar terdapat faksi-faksi. Sudah sejak lama kondisi faksionalisme di Golkar terjadi.
 
"Saya tidak kaget dengan dinamika Golkar yang penuh intrik terutama faksionalisme yang terjadi di internal Partai Golkar," ujar Gun Gun kepada Okezone, Rabu (26/12/2012).
 
Dosen Komunikasi Politik itu mengatakan bahwa dalam sejarah Golkar, faksionalisme tumbuh subur karena kepentingan terkait kekuasaan internal maupun eksternal partai.
 
Bukan tak mungkin, lanjut Gun Gun, jalan Golkar menuju Pilpres 2014 mendatang tak akan mulus karena terjadinya "perang saudara" diinternal mereka.
 
"Saya melihat di Golkar banyak kader pragmatis. Dan sangat mungkin untuk kesekian kalinya akan muncul intrik di internal partai, dan pencapresan yang diusung Golkar akan keropos," katanya.
 
Terlebih, jika Golkar tetap kekeuh mencalonkan Ical untuk maju sebagai capres. Selain "keropos" di internal partai, posisi Ical di pemilih non-Golkar juga rendah elektabilitasnya.
 
Lebih jauh Gun Gun mengatakan, pencapresan Ical yang tampak terburu-buru menandakan kekhawatiran Ical akan banyaknya rintangan atau halangan pencapresan dirinya khususnya dari sesama kader Golkar seperti Jusuf Kalla dan Akbar Tandjung.
(sus)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »