Ribuan Pengungsi Suriah Bergabung dengan Pihak Oposisi

|

Pasukan oposisi Suriah (Foto: Reuters)

Ribuan Pengungsi Suriah Bergabung dengan Pihak Oposisi

DAMASKUS – Ribuan warga Suriah yang sebelumnya mengungsi ke Yordania saat ini terlihat kembali ke Suriah. Mereka berniat untuk bergabung dengan pihak oposisi untuk melawan pasukan pemerintah.

Niat tersebut muncul setelah para pengungsi melihat kekuatan rezim Bashar al-Assad semakin hari semakin melemah. Kebanyakan pengungsi yang terdiri dari pemuda itu ingin ikut dalam upaya menjatuhkan Assad.

“Kami ingin ikut menghancurkan rezim Assad, kami tidak mau hanya duduk termangu di kamp pengungsi,” ujar seorang pemuda Suriah yang sebelumnya mengungsi di Yordania, Ahmad Rifai, seperti dikutip The Independent, Rabu (26/12/2012).

Selain para pemuda yang ingin menjadi pejuang, aktivis di Suriah melaporkan warga yang kembali dari Yordania itu juga terdiri dari petugas medis, insinyur dan profesi yang lainnya. Mereka kembali karena ingin secepatnya membangun kembali Suriah apabila konflik nantinya usai.

“Sebelumnya saya mengira saya dapat ikut melakukan perubahan dari wilayah Yordania. Namun di sana saya hanya menjadi seorang pengamat saja,” ujar seorang petugas medis yang seringkali membantu perjuangan pihak oposisi Abu Muuath Hamad.

Sekembalinya ke Suriah Hamad pun diangkat menjadi pemimpin tim medis yang dimiliki oleh koalisi oposisi Suriah. Pihak oposisi sendiri menyatakan, para pengungsi yang ikut berjuang membutuhkan waktu untuk dapat beradaptasi dengan strategi pertempuran yang digunakan pejuang oposisi.

“Kebanyakan dari mereka hanya memiliki sedikit pengalaman bertempur, warga yang sudah mahir pun telah lama meninggalkan Suriah dan tidak mengetahui perkembangan situasi saat ini,” terang salah satu pimpinan koalisi oposisi Suriah, Abu Hani Darawi.

(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Jokowi Harus Selamatkan 262 Buruh Migran dari Hukuman Mati