Listrik Mati, 3 Pesawat Landing Manual di Bandara Yogyakarta

|

Ilustrasi (Foto: Koran SI)

Listrik Mati, 3 Pesawat Landing Manual di Bandara Yogyakarta

SLEMAN - Adanya pemadaman listrik di Bandara Internasional Adisucipto Yogyakarta berakibat tiga pesawat landing secara manual. Sebab, radar yang digerakan dengan arus listrik harus mati sejenak.  

 

"Sebenarnya bukan radarnya yang mati, tapi listrik yang mati sehingga untuk menyalakan radar harus restart dari genset," jelas Faisal Indra Kusuma, Asisten Manajer Sistem Informasi dan Humas PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto saat dikonfirmasi Okezone, Rabu (26/12/2012).

 

Faisal menyampaikan, seluruh penerbangan normal dan tidak ada masalah karena saat peralihan (listrik ke genset) tersebut prosedur pemanduan pesawat dilakukan secara manual.

 

"Jadi tadi jam 13.48 listrik PLN mati, sehingga harus beralih menggunakan genset. Dalam peralihan itu radar harus start ulang yang perlu waktu 15 sampai 30 menit untuk kembali normal," imbuhnya.

 

Faisal mengakui ada tiga pesawat yang terpaksa mendarat dengan bantuan panduan manual dari Air Traffic Controller (ATC). Ketiga pesawat itu diantaranya, Lion Air dari Jakarta, Garuda dari Jakarta, dan Merpati dari Bandung.

 

"Tiga pesawat harus dipandu secara manual, semuanya bisa landing dengan baik. Semuanya sudah dilaksanakan sesuai SOP," katanya.

(hol)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    AHM Matangkan Rencana Ekspor Motor