Petugas Akhirnya Eksekusi Kampus Unasman Polewali Mandar

Ilustrasi eksekusi lahan (Foto: Koran SI)

Petugas Akhirnya Eksekusi Kampus Unasman Polewali Mandar
POLEWALI MANDAR- Petugas yang terdiri dari aparat Kepolisian dari Polda Sulselbar dan Polres empat kabupatendan juru sita Pengadilan Negeri Polewali, berhasil melakukan eksekusi Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman), Polewali Mandar.

Eksekusi ini sempat dilakukan oleh petugas beberapa kali, namun adanya penentangan dan proses itupun gagal dilakukan.

Pada Kamis (3/1/2013) siang, sejumlah palang kayu dan kawat berduri yang sebelumnya sengaja dipasang oleh mahasiswa di depan pintu masuk kampus dibongkar oleh aparat.

Massa yang rencananya akan melakukan perlawanan pun tak berkutik. Seorang ibu yang membawa anak kecil dan berusaha menghalangi-halangi proses eksekusi berhasil dievakuasi oleh aparat tanpa adanya keributan.

Jumlah personel aparat yang lebih banyak dari massa, membuat pihak Unasman tidak bisa berbuat banyak. Dibantu kendaraan taktis, water canon, dan barakuda pembacaan eksekusi oleh Pengadilan Negeri Polewali Mandar berhasil dibacakan.

Sesaat setelah eksekusi dilakukan, sejumlah orang sempat tersulur emosinya dan nyaris melakukan penyerangan terhadap kantor Yasayan Darud Dakwah Wal Irsyad, yang diketahui sebagai pihak pemenang sengketa dengan Unasman.

Sebelumnya, eksekusi kampus itu telah dilakukan sebanyak empat kali, namun selalu digagalkan mahasiswa dan dosen. Bahkan sebelumnya eksekusi pada 2010 lalu, sempat diwarnai bentrokan yang menewaskan seorang dosen dan melukai belasan orang aparat dan mahasiswa.

Sengketa lahan terjadi antara pihak Universitas Al Asyariah Mandar dengan Yasayan Darud Dakwah Wal Irsyad sejak 2005 silam. Dalam putusan peninjauan kembali di Mahkamah Agung, Yasayan Darud Dakwah Wal Irsyad akhirnya memenangkan perkara. (kem)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kampus dengan Biaya Hidup Termurah di UK (1)