PM Israel Anggap Iran Belum Berbahaya

|

Foto : PM Israel berpidato di depan Dubes Israel (Times of Israel)

PM Israel Anggap Iran Belum Berbahaya
YERUSALEM - Dalam pidatonya di depan para Duta Besar Israel, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menegaskan bahwa, Iran adalah ancaman utama bagi Timur Tengah. Namun Iran belum melangkahi "garis merah" dalam program nuklirnya.
 
Seperti diketahui, "garis merah" yang dimaksud Netanyahu adalah perkembangan dalam program nuklir Iran. Menurut klaim Netanyahu, perkembangan nuklir Iran sudah memasuki tahapan-tahapan berbahaya. Mereka dinyatakan telah membangun senjata nuklir bila mereka "melangkahi garis mera" itu.
 
"Iran belum melangkahi 'garis merah.' Tapi Iran tetap menjadi ancaman nomor satu. Komitmen kita adalah mencegah Iran membangun senjata nuklir," ujar Netanyahu, seperti dikutip Arutz Sheva, Jumat (4/1/2013).
 
Kepala pemerintahan Israel itu sempat membahas hal serupa ketika berpidato di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tahun lalu. Netanyahu membawa gambar bom yang menunjukan diagram perkembangan nuklir Iran ke seluruh delegasi yang hadir di PBB.
 
Beberapa hari kemudian, Netanyahu mendapat kecaman dari Iran karena dianggap mengutarakan klaim yang tidak benar. Negeri Persia mengatakan, program pengayaan uranium yang dijalankannya bertujuan damai. Selain untuk pembangkit listrik, program nuklir juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan medis.
 
Meski demikian, pernyataan-pernyataan Iran tidak didukung oleh Amerika Serikat (AS) beserta sekutunya. Sampai saat ini, Iran selalu dituduh mengembangkan senjata nuklir lewat program pengayaan uranium yang sudah dilaksanakannya bertahun-tahun.
(AUL)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Lomba Sra' Pasra'an Mantan di Tengah Lunturnya Budaya Madura