Suami-Istri, Satu Keluarga, Boleh Jadi Caleg PDIP

|

Tjahjo Kumolo (Foto: Koran Sindo)

Suami-Istri, Satu Keluarga, Boleh Jadi Caleg PDIP
JAKARTA - Pasangan suami istri atau pun yang memiliki hubungan keluarga, diperkenankan mendaftar sebagai calon legislatif dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Sekjen DPP PDIP Tjahjo Kumolo mengatakan, hal itu bisa saja terjadi jika keduanya berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) yang berbeda.
 
"Kita punya kebijakan, suami, istri, anak itu punya hak yang sama. Sepanjang dia kader, asal tidak dapil. Sepanjang ada suami, istri dan anak, sama-sam aktivis, boleh saja. Pokoknya asal jangan satu Dapil," kata Tjahjo di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (9/1/2013).
 
PDIP juga tidak mempermasalahkan gender untuk menjadi Caleg. Yang terpenting adalah sang calon bisa diandalkan. "Oh kita tidak membuat dikotomi pria-wanita, artis-pengusaha. Enggak, semua punya hak yang sama," ujarnya.
 
PDIP, lanjutnya, membuka diri bagi siapapun baik kader atau pun di luar kader untuk mencalonkan diri sebagai Caleg lewat PDIP. "Kalau kita membuka pendaftaran terbuka. Misalnya ada beberapa dirjen, beberapa purnawirawan, tentara, polri, artis, pers," ujarnya.
 
Tentunya, nama-nama yang masuk ke PDIP juga akan dilakukan psikotes dan fit and proper test, yang tujuannya sudah barang tentu mencari calon yang tepat. Selain itu, survei internal juga dibutuhkan untuk menguji calon yang akan diusung.
(lam)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kabinet Jokowi Harus Gambarkan Keterwakilan Daerah