DPR Mulai Seleksi Calon Hakim Agung

|

ilustrasi (okezone)

DPR Mulai Seleksi Calon Hakim Agung

JAKARTA - Komisi III DPR akan menggelar fit and proper test dalam pemilihan calon Hakim Agung. Ada Calon Hakim Agung (CHA) yang sudah diajukan oleh Komisi Yudisial (KY) untuk menempati delapan kursi yang tersedia.

Menurut Anggota Komisi III Indra, dari 24 CHA yang ada, Komisi III berencana akan menyeleksia 12 CHA yang dimulai hari ini.

"Berdasarkan kesepakatan rapat Komisi III telah disepakati untuk berkas pertama pengajuan calon Hakim Agung (12 calon Hakim Agung), pada Kamis 10 Januari 2013 proses seleksi CHA sudah dimulai," kata Indra kepada wartawan, Kamis (10/1/2013).

Dikatakannya, dalam proses fit and proper test ini Komisi III telah menerima rekam jejak dan penilaian ke 24 CHA. Namun, dia berharap publik bisa memberikan tambahan masukan kepada Komisi III terkait rekam jejak tambahan ke 24 CHA yang mengikuti seleksi.

"Rekam jejak dan masukan dari pihak-pihak terkait menjadi sangat penting dalam rangka meminimalisir kemungkinan calon Hakim Agung yang bermasalah atau tidak bermoral terpilih. Persoalan kapasitas memang penting, namun persoalan integritas atau moralitas lebih penting lagi," jelasnya.

Lebih lanjut, politikus PKS itu mengeluhkan masalah mafia pengadilan persolan penyimpangan seperti suap, gratifikasi, pengaturan putusan, pemalsuan putusan, dan lain-lain yang merupakan muara dari lemahnya integritas dan moralitas seorang hakim. Untuk itu, poses seleksi CHA ini dapat menghasilkan Hakim Agung yang benar-benar bersih.

"Dengan keseriusan Komisi III melakukan fit and proper test serta masukan dari masyarakat luas, semoga nantinya terpilih Hakim Agung yang benar-benar Agung yang merupakan garda terakhir penegak atau pemutus keadilan," imbuhnya.

(cns)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Baru Sebulan Kerja, Anggota DPR Minta Gedung Baru