KPU Sulsel Tepis Wacana Debat Kandidat di Luar Makassar

|

Ilustrasi (Okezone)

KPU Sulsel Tepis Wacana Debat Kandidat di Luar Makassar

MAKASSAR - Debat kandidat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan (Sulsel) putaran kedua dijadwalkan pada 18 Januari mendatang. Wacana berkembang guna menggelar debat putaran kedua di luar Makassar menyusul bentrok antarpendukung kandidat usai debat putaran pertama pada Kamis 10 Januari lalu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel selaku otoritas penyelenggara memilih meniadakan saja acara tersebut ketimbang debat kandidat Pilgub Sulsel putaran kedua harus digelar di luar Makassar. Opsi itu dikemukakan oleh ketua dan anggota KPU Sulsel saat ditemui wartawan, Sabtu (12/1/2013) kemarin.

"Saya jamin debat putaran kedua tetap dilakukan di Makassar. Lebih baik tidak diadakan daripada mengadakan (debat) di luar Makassar," tanggap Ketua KPU Sulsel, Jayadi Nas.

Jayadi mengemukakan, bentrok antarmassa pendukung bukan alasan untuk memindahkan debat ke luar Sulsel. Kendati begitu, dia menambahkan, pihaknya akan mengevaluasi pelaksanaan debat putaran pertama yang menuai banyak tanggapan dari berbagai kalangan tentang formatnya yang lebih mirip tanya-jawab satu arah saja.

"Satu-dua hari ke depan akan kita pastikan jadwal dan tempat debat selanjutnya. Kita akan mendengar keinginan masing-masing tim (sukses) dan pihak kepolisian," imbuh Jayadi.

Senada dengan Jayadi, anggota KPU Sulsel Ziaurrahman Mustari mengatakan, keputusan tentang debat putaran kedua baru akan diambil beberapa hari mendatang.

"Pelaksanaan debat di luar Sulsel tidak menjamin tidak akan terjadi bentrokan. Massa pendukung bisa saja mengadakan acara nonton bareng sehingga pasti ada konsentrasi massa," tutur Ziaurrahman.

(put)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ruhut Sebut Pasek Sudah Dipecat dari Demokrat