Kapal Tanker Tirta Samudra XXI Tenggelam di Karimunjawa

|

Ilustrasi

Kapal Tanker Tirta Samudra XXI Tenggelam di Karimunjawa
SEMARANG- Sebuah kapal jenis tanker tenggelam di Perairan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, pada Jumat, 11 Januari. Tim SAR hingga kini masih melakukan pencarian untuk menemukan posisi dua sekoci yang diduga memuat 15 ABK selamat dari tenggelamnya kapal.

Pencarian terhadap 15 ABK anak buah Kapal Tirta Samudra XXI, dilakukan dengan menggunakan Helikopter Bell 412 milik Penerbang Skadron 11. Setelah dilakukan pencarian selama 1,5 jam, tim menemukan posisi dua sekoci di sekitar Perairan Karimunjawa.

Tim belum bisa mengevakuasi karena cuaca buruk. Para ABK hanya diberi bantuan logistik, berupa makanan dan air mineral untuk bertahan hidup sambil menunggu penyelamatan melalui jalur laut.

Sekoci tersebut ditemukan di sebelah utara Tanjung Jati, Jepara atau sekira 12 mil dari Pantai Jepara. Jarak antar sekoci antara 30 hingga 100 meter, sementara dari daratan berjarak sekira 10 mil.

Selain jalur udara, tim juga meminta bantuan kapal dari KRII Suro, Surabaya dan Semarang. Tim memprediksi berdasarkan arah arus dan angin para korban kapal tenggelam dimungkinkan bergeser ke arah timur.

Sekadar diketahui, Kapal Tirta Samudra XXI dilaporkan mengalami musibah pada Jumat sore sekira pukul 15.00 WIB. Kapal tersebut tenggelam karena cuaca buruk, dan dihantam gelombang tinggi. Beruntung sejumlah ABK bisa menyelamatkan diri dengan menggunakan sekoci.

Posisi sekoci terlihat oleh sejumlah kapal yakni Kapal Sevia, Meratus Batam, dan KM Amazon. Namun kapal-kapal tersebut tidak bisa mengevakuasi akibat cuaca buruk. 
(tbn)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kecelakaan di Exit Tol Jati Warna, Satu Orang Tewas