Warga Asing Unggah Pengeboman Ikan Mentawai di Youtube

Bom ikan yang dilemparkan nelayan di situs youtube

Warga Asing Unggah Pengeboman Ikan Mentawai di Youtube
PADANG- Geram karena tidak adanya petugas maupun pihak terkait yang melakukan tindakan terhadap nelayan yang menggunakan bom ikan di Mentawai, warga negara asing merekam dan mengunggahnya video di situs Youtube.

Dalam video berjudul “Enough is enough already” berdurasi 2 menit 3 detik itu, seorang warga negara asing berhasil merekam aktivitas nelayan yang menggunakan bom untuk mendapatkan ikan.

“Dalam waktu lima menit, sudah ada lima kali bom yang dilemparkan,” kata pria yang mukanya sengaja dikaburkan.

Video yang diunggah pada 28 Januari itu terlihat dua orang nelayan menggunakan baju putih berada di atas sampan. Satu di antaranya melemparkan benda yang diduga bom ke arah laut dan dalam beberapa saat terlihat buih putih dari dalam laut menjulang hingga ke atas.

Dengan sesegera, kedua nelayan itu berpindah tempat dan kembali melemparkan sebuah benda di arah berlainan. Di sela pelemparan bom tersebut, pria yang wajahnya diblur itu kembali muncul dan mengaku sudah melakukan berbagi cara untuk menyetop aksi bom ikan ini

“Aktivitas ini sepertinya tidak ada yang perduli. Kami sudah menghubungi polisi dan pihak terkait di Jakarta, tetapi mereka tidak melakukan apa-apa,” kata pria tersebut yang menyebut dirinya Mentawai Madness.

Sementara itu dalam video lainnya berjudul “Mentawai Reff being Pillaged, 2013” berdurasi 2 menit 59 detik, menggambarkan sebuah kapal nelayan berukuran besar tengah “memanen” ikan.

Video yang diunggah pada 17 Januari itu terlihat seorang nelayan yang menyelam dan tidak beberapa saat sekumpulan ikan dengan jaring sudah dikeluarkan dari dalam air. Anehnya, kapal tersebut tidak melempar jaring atau pukat harimau untuk menangkap ikan, ini menunjukkan ada dugaan ikan yang mati berasal dari bom yang sebelumnya dilempar. (kem)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Satu Keluarga di Gresik Tewas Usai Menyantap Kerang