Bingung Daftar SNMPTN 2013? Ini Langkahnya

|

Ilustrasi : snmptn.ac.id

Bingung Daftar SNMPTN 2013? Ini Langkahnya

JAKARTA - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2013 memiliki sistem pendaftaran yang sedikit berbeda dengan tahun lalu. Sehingga tidak heran masih banyak pelajar yang merasa bingung saat melakukan pendaftaran.  

Sebelum memulai langkah pendaftaran, Berikut tata cara pendaftaran yang dibuka mulai 1 Februari hingga 8 Maret 2013 secara online SNMPTN itu. Demikian, seperti dinukil dari laman Unnes, Selasa (5/2/2013).

 

Pertama, siswa pelamar mendaftar (login) pada laman http://snmptn.ac.id dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh kepala sekolah pada waktu verifikasi data di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

 

Kedua, siswa pelamar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan. Siswa pelamar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.

 

Ketiga, kepala sekolah harus memberikan rekomendasi kepada siswa yang sudah mendaftar SNMPTN.

 

Keempat, pelamar program studi seni dan keolahragaan harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang diisi oleh kepala sekolah dan/atau siswa menggunakan instruksi yang dapat diunduh pada laman http://snmptn.ac.id.

 

Kelima, siswa pelamar mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

 

Keenam, untuk kelas akselerasi dan sekolah yang menggunakan sistem kredit semester, pencatatan nilai mata pelajaran disesuaikan dengan sistem semester dan didistribusikan ke semester tiga, empat, dan lima. Hasil proses penyesuaian harus dituangkan dalam surat keterangan yang ditandatangani kepala sekolah untuk keperluan proses registrasi apabila diterima.

(mrg)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Akbar Tandjung Pasrah jika Mediasi Ical dan Agung Deadlock