Pileg 2014, Medan Punya 2.030.257 Pemilih Potensial

|

Ilustrasi

Pileg 2014, Medan Punya 2.030.257 Pemilih Potensial

MEDAN - Pemerintah Kota Medan menyerahkan Data Potensial Pemilih Pemilu (DP4) kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Medan. Dalam penyerahan DP4 yang dilakukan di Balai Kota, terkuak jumlah pemilih potensial pada pemilu legislatif 2014 mendatang sebanyak 2.030.257 orang.

Wali Kota Medan, Rahudman Harahap, mengatakan, data dalam bentuk kepingan cakram (CD) yang telah diserahkan pada Ketua KPUD Medan Evi Novida Ginting itu telah diverifikasi secara mandiri.

Rahudman mengklaim verifikasi dilakukan secara seksama, guna memastikan tidak adanya pemilih ganda ataupun penggelembungan suara pada pemilu legislatif mendatang. Begitu pun DP4 yang telah disatukan dari seluruh Kecamatan di Medan ini, akan dikembalikan ke masing-masing pejabat di kelurahan dan kecamatan untuk diverifikasi kembali.

Rahudman berharap, data yang disajikan itu cukup memuaskan dan dapat ditindaklanjuti KPUD sebagai dasar penetapan pada tahapan pemutakhiran data pemilih, penyusunan, dan pengumuman daftar pemilih sementara sampai akhirnya ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap.

"Kita berharap hasil yang terbaiklah dari DP4 ini. Jadi nanti tidak lagi ada pemilih yang tak dapat memberikan hak suaranya," jelasnya di Medan, Kamis (7/2/2013).

Sementara itu, Ketua KPUD Medan Evi Novida Ginting mengatakan, data yang diserahkan Pemko Medan akan dicermati lebih lanjut. Pihaknya akan membandingkan data tersebut dengan DPT pada pemilu terakhir. Proses pemutakhiran data pemilih ini sendiri diakui Evi akan berlangsung hingga Juni mendatang,

‘Kami ucapkan terima kasih pada Pemko Medan yang sudah cukup kooperatif dalam menyiapkan DP4 ini. Kami masih punya waktu hingga Juni mendatang untuk mencermati dan memverifikasi data ini. Itu belum lagi penyusunan daftar pemilih sementara dan pemilih tetap. Jadi masih cukup panjang, dan saya pikir hasilnya akan maksimal," pungkasnya.

Sekadar Informasi, jumlah penduduk Kota Medan per Januari 2013 sekira 2.983.868 jiwa. Jumlah tersebut sudah disesuaikan dengan sistem pengenal tunggal atau nomor induk kependudukan. Pemko Medan berkeyakinan, perbedaan DPT dengan data DP4 yang disampaikan saat ini tidak akan berselisih jauh.

(ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Operasi Zebra, Polisi Tilang Puluhan Angkot