Banyak Parpol Merapat ke KarSa, Peluang Khofifah Tipis

|

Ilustrasi

Banyak Parpol Merapat ke KarSa, Peluang Khofifah Tipis

SURABAYA- Meski sudah mendapat rekomendasi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), namun peluang Khofifah Indar Parawansah untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2013 semakin tipis. Pasalnya, PKB belum memenuhi persyaratan sebagai partai politik pengusung calon, sementara sejumlah parpol sudah merapat ke pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa).

Sesuai aturan, parpol dapat mengusung calon sendiri bila memiliki kursi di parlemen sebanyak 15 kursi atau 15 persen suara sah pada Pemilu 2009 lalu. Sementara PKB hanya memiliki 13 kursi di parlemen.

Menurut pengamat politik Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Hariyadi, PKB harus melakukan koalisi. Peluangnya adalah parpol parleman lainnya yang belum merapat ke KarSa.

"PKB harus berkoalisi. Ada PDIP, PPP, dan parpol lainnya. Termasuk peluang dengan parpol gurem masih ada," kata Hariyadi kepada Okezone, Senin (11/2/2013).

Menurut Hariyadi, dukungan sejumlah parpol kepada pasangan KarSa bisa saja berubah. Terlebih, pelaksanaan pilgub masih tujuh bulan lagi. Dukungan tersebut akan diketahui secara pasti bila sudah didaftarkan ke KPU Jatim. Sedangkan tahapan di KPU baru akan dimulai pada Mei mendatang.

"Selama belum masuk ke KPU, dukungan parpol berubah. Bisa saja berubah-ubah. Terutama parpol nonparlemen atau gurem yang cenderung berjualan meski tidak semua parpol gurem begitu," ujar dosen FISIP Unair itu.

Kata Hariyadi, dukungan parpol gurem ini berubah bila kompensasi yang diberikan Khofifah lebih besar dibanding KarSa. Kalau sudah demikian, mereka akan mengubah dukungan. "Saya kira itu sah-sah saja wong dukungan belum resmi didaftarkan ke KPU," tambahnya. 

(tbn)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pencarian Pesawat Air Asia Dilanjutkan Besok