Konflik Kekuasaan Kesultanan Sabah Terus Berlanjut

|

Pasukan Malaysia yang bersiaga (Foto: The Star)

Konflik Kekuasaan Kesultanan Sabah Terus Berlanjut

KUALA LUMPUR - Kesultanan Sabah terus dilanda konflik setelah kerabat dari pihak kesultanan menduduki wilayah kesultanan. Pihak Hingga saat ini, sekira 400 orang bersenjata menduduki wilayah Lahad Datu.

Sultan Jamalul Kiram mengatakan, pengikutnya yang berjumlah sekira 400 orang bersikeras untuk tidak meninggalkan Lahad Datu dan mengklaim wilayah tersebut sebagai daerah kekuasaannya. Pihak Malaysia sendiri mendesak agar kelompok itu untuk segera kembali ke wilayah di Filipina.

"Untuk apa kami keluar dari rumah kami? Faktanya mereka (Malaysia) yang selama ini membayar uang sewa kepada kami," ujar Sultan Jamalul Kiram di Manila, seperti dikutip AFP, Rabu (20/2/2013).

"Pengikut kami akan tetap bertahan di Lahad Datu. Tidak ada satu orang pun yang akan dikembalikan ke Filipina. Sabah adalah rumah kami," tegasnya.

Meski tidak secara eksplisit, Sultan Kiram mengisyaratkan pihak siap untuk melakukan perlawanan keras. Tetapi dirinya tidak akan pernah menyerah kepada Negeri Jiran.

"Jika mereka membawa senjata, kami sudah siap di Sabah," tutur Sultan.

Kesultanan yang berada di wilayah selatan Filipina itu, di masa lampau mengendalikan beberapa wilayah di Kalimantan, termasuk wilayah yang diperebutkan saat ini. Hingga saat ini keturunan dari kesultanan terus mendapatkan paket kompensasi dari pihak Malaysia, setelah disepakatinya perjanjian kepemilikan Sabah.

(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bus Masuk Jurang, 14 Orang Tewas dan 55 Luka