Filipina Kirim Kapal untuk Jemput Pengikut Sulu di Sabah

|

Foto: AL Filipina (AP)

Filipina Kirim Kapal untuk Jemput Pengikut Sulu di Sabah

MANILA – Angkatan Laut Filipina mengirim kapalnya ke perairan Malaysia untuk membujuk para pengikut Sultan Sulu agar mau menghentikan aksi pendudukannya di wilayah Sabah. Malaysia sendiri memeutuskan untuk memeperpanjang tenggat waktu yang diberikannya pada pengikut Sultan Sulu hingga Selasa (26/2/2013) besok.  

Sekira 100 warga Filipina yang dilengkapi senjata menduduki wilayah Lahad Datu di Negara Bagian Sabah, Malaysia sejak dua pekan lalu. Mereka menuntut Malaysia mengembalikan Sabah kepada Sultan Sulu yang mengaku sebagai pemilik sah dari negara bagian itu.

 

Malaysia sebenarnya memberikan tenggat waktu hingga Minggu (24/2/2013) kemarin kepada para pengikut Sultan Sulu untuk pergi dari wilayah yang didudukinya. Namun atas permintaan Filipina tenggat waktu itu diperpanjang hingga Selasa (26/2/2013) depan. Filipina juga meminta malaysia mengizinkan kapalnya masuk ke wilayah mereka untuk menjemput para pengikut Sultan Sulu.

 

“Kami meminta mereka untuk pulang dengan kapal yang kami kirimkan ke sana, ini semua demi keamanan mereka sendiri,” ujar Menteri Luar Negeri Filipina, Albert del Rosario, seperti dikutip The Washington Post, Senin (25/2/2013).

 

Kesultanan Sulu memang sempat menguasai wilayah Sabah sebelum disewakan kepada Inggris pada masa kolonial, namun Inggris justru menyerahkan Sabah kepada Malaysia. Kesultanan Sulu sendiri kini menjadi bagian dari wilayah Filipina. Sultan Sulu tidak memiliki kekuasan politik namun masih memiliki pengaruh besar di Sabah.

(AUL)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Wajib Belajar 12 Tahun Akan Ada Payung Hukum