Usai Pensiun, Paus Emeritus Benediktus Bersantai

Foto : Paus Emeritus Benediktus (Reuters)

Usai Pensiun, Paus Emeritus Benediktus Bersantai
ROMA - Paus Emeritus Benediktus kini bebas dari tugasnya sebagai Pemimpin Gereja Katolik. Pria berusia 85 tahun itu dikabarkan tengah bersantai sambil menonton televisi dan mendengarkan musik di Kastil Gandolfo.

Menurut juru bicara Vatikan, pria bernama Kardinal Joseph Ratzinger itu menikmati masa santainya di kediamannya yang baru. Paus Emeritus juga bisa tidur dengan lelap pada malam hari.

"Dia tidur dengan lelap. Atmosfir di sini cukup santai dan damai," uajr juru bicara Vatikan Federico Lombardi, speerti dikutip Reuters, Sabtu (2/3/2013).

Bersamaan dengan itu, dekan dari Kolese Kardinal telah memanggil seluruh "pangeran gereja" yang dinilai memenuhi syarat untuk berkumpul di Roma. Mereka semua akan mempersiapkan konklaf penunjukan paus baru.

Kardinal Angelo Sodano mulai mengatur pertemuan pertama pra-konklaf yang dijadwalkan digelar pada Senin depan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pertemuan itu akan dimanfaatkan untuk membahas tantangan Gereja Katolik dan para kandidat paus.

Para kardinal juga diminta memutuskan, kapan konklaf penunjukan paus itu dimulai. Namun konklaf itu tidak dapat dilaksanakan sebelum 115 kardinal mancanegara yang akan memilih paus hadir di Vatikan. Sejauh ini, Vatikan sendiri belum tahu berapa jumlah kardinal yang sudah hadir.

Vatikan tampaknya akan menunjuk paus baru pada pertengahan Maret mendatang. Jadi, paus baru sudah bertugas pada 24 Maret dan memimpin Gereja Katolik menjelang Paskah.

"Semua orang, termasuk saya sangat ingin menggelar konklaf secepatnya. Kami sangat merindukan paus dan kami membutuhkan paus baru," ujar Kardinal Timothy Dolan dari New York.

Vatikan tidak mengenal istilah "kandidat terkuat paus" dan tidak ada pula kampanye pemilihan paus. Namun terlihat poster bergambar wajah Kardinal Peter Turkson dari Ghana yang dipampang di Roma. Poster itu seolah menunjukan kampanye pemilihan paus yang berjalan seperti pilpres di suatu negara. (AUL)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pemadaman Listrik Sebabkan Tiga Rumah Terbakar