Super Ketat, 4 Lapis Pengamanan & Barikade Kawat Berduri

|

Ilustrasi (Foto: Reuters)

Super Ketat, 4 Lapis Pengamanan & Barikade Kawat Berduri

BANDUNG- Barikade kawat berduri dipasang di mulut Jalan Garut, 80 meter dari Kantor KPU Jawa Barat. Selain itu, ratusan personel gabungan Polisi, Brimob dan TNI, juga bersiaga di lokasi.

Pengamanan ketat itu untuk mengawal Rapat Pleno KPU Jabar tentang rekapitulasi perolehan suara sekaligus penetapan pemenang Pilgub Jabar 2013.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Abdul Rakhman Baso, berharap situasi keamanan berjalan kondusif. Menurutnya, barikade kawat berduri yang dipasang bukan untuk menciptakan suasana mencekam.

"Kawat berduri bukan untuk seram-seraman. Itu untuk mengurangi tenaga anggota, lalu kalau ada massa tak terjadi sentuhan fisik dengan personel, sehingga penyekatan ring jadi terkontrol," jelas Abdul, di Kantor KPU Bandung, Minggu (3/3/2013).

Abdul juga mengatakan, polisi menerima laporan sekira 1.000 orang akan datang ke Kantor KPU Jabar untuk mengawal rapat pleno. Selain itu, juga sejumlah massa pendukung pasangan calon tertentu juga diperkirakan hadir.

Polisi menerapkan pola pengamanan empat lapis untuk mengamankan rapat pleno. Ring I di Aula Kantor KPU Jabar, Ring II di halaman Kantor KPU Jabar, Ring III di luar pagar Kantor KPU dan Ring IV di sepanjang Jalan Garut hingga Jalan Laswi. Garis pengamanan terluar itu diperkirakan menjadi pusat berkumpulnya massa.

"Dari laporan ada 1.000 orang yang akan datang. Tapi lihat nanti di lapangan, mudah-mudahan tak banyak," harapnya.

Abdul mengimbau massa dan umumnya masyarakat Jabar bisa menyikapi hasil Pilgub Jabar secara dewasa.

"Kami tentu berharap Pilgub Jabar ini berlangsung baik dan profesional untuk Jabar lima tahun ke depan," ucapnya.

(tbn)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    PGRI Sesalkan Pemerintah Moratorium PNS