Bom di Depan Rumah Ibadah Tewaskan 37 Orang

|

Foto : Korban bom di Karachi (AP)

Bom di Depan Rumah Ibadah Tewaskan 37 Orang

KARACHI - Bom mobil meledak di depan sebuah masjid di wilayah selatan Kota Karachi, Pakistan, dan menewaskan 37 orang. Sebanyak 141 orang juga dikabarkan terluka dalam insiden itu.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan di Karachi. Peristiwa itu menjadi insiden kekerasan terakhir yang menimpa warga Syiah Pakistan. Seperti diketahui, wilayah selatan Karachi dihuni oleh banyak warga Syiah dan merupakan salah satu pusat perekonomian di negara tersebut.

Bom itu meledak tepat pada saat jamaah Syiah keluar dari masjid. Menurut laporan, bom itu dipasang di sebuah sepeda motor namun pejabat kepolisian Pakistan mengatakan bahwa bom seberat 100 kilogram itu ditanam di mobil.

Kolonel Pervez Ahmad pun menjelaskan, bom itu mengandung unsur kimia karena dapat memicu kerusakan bangunan dan kobaran api. Kebanyakan dari para korban langsung dilarikan ke rumah sakit dengan menggunakan ambilan.

"Saya berada di rumah ketika saya mendengar ledakan besar itu. Ketika saya keluar, saya hanya melihat debu-debu di jalanan. Lalu saya melihat kobaran api," ujar salah serorang warga Syed Irfat Ali, seperti dikutip Associated Press, Senin (4/3/2013).

Pada umumnya, kekerasan yang menimpa warga Syiah Pakistan selalu dilakukan oleh kelompok militan Al-Qaeda atau Taliban. Warga-warga Syiah pun kerap mengutarakan kekecewaannya terhadap Pemerintah Pakistan dalam menangani insiden-insiden serangan itu.

Seperti diketahui, warga Syiah di Pakistan merupakan warga minoritas yang populasinya adalah 20 persen dari total warga Pakistan. Selain di Karachi, mereka tinggal di Quetta dan tergabung dalam sebuah komunitas. Aktivis-aktivis HAM juga selalu mengecam Pemerintah Pakistan karena dinilai gagal melindungi warga Syiah.

(AUL)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bus Masuk Jurang, 14 Orang Tewas dan 55 Luka