M Jasin: Serahkan Kasus Nasarudin Umar ke KPK

M Jasin: Serahkan Kasus Nasarudin Umar ke KPK
JAKARTA - Inspektur Jendral Kementrian Agama (Irjen Kemenag) Muhamad Jasin sepertinya tidak mau ikut campur atas kasus korupsi pengadaan Alquran dan Lab IT di Kemenag yang diduga melibatkan Wakil Menteri Agama Nasarudin Umar.
 
"Kita menyerahkan seluruhnya kepada KPK," katanya di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (5/3/2013).
 
Mengenai status yang bersangkutan dan terkait jabatannya di Kemenag, mantan Wakil Ketua KPK ini mengaku masih menunggu keputusan yang incraht. "PNS tentunya menunggu sampai statusnya dan dinyatakan incraht. Jadi proses penegak hukum kita mengikuti perundangan yang berlaku," terangnya.
 
Kendati demikian, pihaknya mengaku akan bergerak cepat ketika KPK sudah menetapkan status tersangka kepada yang bersangkutan melalui Inspektoran Jenderal.
 
"Kalau dari hasil Itjen sendiri kita bisa langsung melakukan pemecatan sampai pemberhentian tidak hormat.  Jadi kalau belum tersangka pun tapi kalau sudah mendapatkan pelanggaran PP 53 tahun 2010 tentang disiplin pegawai ya kita bisa memecat," tukasnya.
 
Seperti diketahui, nama Nasarudin kerap disebut ikut terlibat dalam kasus di Kemenag ini. Pertama, dari kesaksian Abdul Karim dalam persidangan terdakwa mantan anggota DPR, Zulkarnaen Djabar di PN Tipikor Jakarta pada 28 Februari 2013.
 
Di situ, Nasarudin disebut menyetujui penambahan anggaran pengadaan Alquran tahun anggaran 2011 sekaligus berperan dalam penunjukkan langsung perusahaan pemenang lelang kala dirinya masih menjabat sebagai Dirjen Bimas Islam. Beberapa tersangka yang sudah ditetapkan oleh KPK terkait kasus ini adalah Zulkarnaen Djabbar dan Dendy Prasetya.
(ful)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Buang Anak, ABG Ini Dituntut Lima Tahun