Istri Kedua Djoko Susilo Dicekal KPK

Selasa, 05 Maret 2013 17:58 wib | Arief Setyadi - Okezone

Irjen Djoko Susilo (Foto: Dok. Okezone) Irjen Djoko Susilo (Foto: Dok. Okezone) JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) semakin yakin atas dugaan pencucian uang yang dilakukan oleh tersangka kasus korupsi alat Simulator Surat Izin Mengemudi (SIM), mantan Kepala Korps Lalu-lintas (Korlantas) Polri, Irjen Pol Djoko Susilo.

Juru Bicara KPK, Johan Budi SP mengatakan, lembaga yang dinaunginya itu sudah  mengeluarkan surat perintah pencekalan terhadap salah seorang istri jenderal bintang dua itu yang bernama Mahdiana. Dia dicekal setelah beberapa kali menjalani pemeriksaan sebagai saksi di KPK.

"Per tanggal 1 Maret 2013, KPK sudah meminta cegah ke Dirjen Imigrasi atas nama Mahdiana selama enam bulan ke depan. Yang bersangkutan dicegah terkait kasus TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang) dengan tersangka DS (Djoko Susilo)," kata Johan di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (5/3/2013).

Mahdiana merupakan istri kedua Djoko dan dinikahi pada Mei 2001 lalu dan terdaftar pernikahannya di KUA Pasar Minggu, Jakarta Selatan dengan Akte Nikah Nomor 818/129/V/2001.

Seperti diketahui, dalam kasus ini, Djoko ditetapkan KPK sebagai tersangka dengan pasal berlapis, pertama terkait tindak pidana korupsi, kedua mengenai TPPU.

Untuk pasal TPPU dikenakan kepada Djoko pada 9 Januari 2013, dan itu  merupakan pengembangan dari penyidikan kasus Simulator SIM, dimana  ditemukan indikasi pencucian uang senilai Rp45 miliar.

Modus yang digunakan Djoko dalam melakukan pencucian uang dengan melakukan pembelian aset berupa properti, baik tanah maupun lahan, dan diatasnamakan kerabat serta orang dekatnya. (put)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »