Pengamat: Peluang PDIP Menang Pilgub Jateng Kecil

|

Ilustrasi

Pengamat: Peluang PDIP Menang Pilgub Jateng Kecil

SOLO- Pengamat Politik Universitas Negeri Surakarta (UNS), Muhammad Yamin, mengatakan, terpilihnya Ganjar Pranowo sebagai calon gubenur yang diusung pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah, mengakibatkan peluang PDIP semakin berat.

"Peluang PDIP untuk memenangkan Pilgub Jateng semakin berat. Dibandingkan bila Rustriningsih yang terpilih sebagai calon gubenur," jelas Yamin, kepada Okezone, Rabu (6/3/2013).

Seharusnya, tambah Yamin, sebagai partai yang mendominasi kemenangan di jateng, PDIP lebih condong memilih Rustri bukan Ganjar. Menurutnya, kegagalan Rustriningsih mendapatkan rekomendasi dari Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarno Putri, disebabkan lemahnya loby ke tingkat atas partai.

Dibandingkan Ganjar, Rustri yang menjabat sebagai Wakil Gubenur Jateng lebih dikenal dibanding Ganjar.

"Meskipun Ganjar berangkat ke DPR, dapil-nya Wonogiri, Karanganyar dan Sragen, namun dibandingkan Rustri yang sudah dikenal masyarakat, menjadi keuntungan tersendiri bagi PDIP," paparnya.

Selain itu, suara PDIP pada pilgub nanti dipastikan terpecah. Sebab, tidak terpilihnya Rustri sebagai calon gubenur dipastikan berimbas pada kemarahan simpatisan pendukung mantan Bupati Kebumen itu.

"Di sinilah akan dilihat, apakah Rustriningsih kader PDIP militan atau tidak. Sedangkan kemana arah suara simpatisan Rustri akan berlabuh, semuanya tergantung pada Rustriningsih untuk menginstruksi pendukungnya,"ujarnya.

Yamin menambahkan, bila Ganjar tidak ingin babak belur di Pilgub Jateng, maka dia harus mengambil langkah cepat merangkul Rustriningsih sebelum dilirik calon lain. Apalagi basis suara terbesar Rustri berada di daerah Kebumen dan Surakarta yang menjadi kantong suara terbesar PDIP.  

Bila Ganjar gagal merangkul Rustri, maka keuntungan dan kemungkinan pelimpahan suara pendukung Rustri adalah Bibit Waluyo.

"Bibit Waluyo lah yang akan mendapatkan keuntungan bila Ganjar gagal merangkul Rustriningsih. Sebab, Rustri tidak mungkin memberikan suaranya kepada Hadi Prabowo. Karena secara emosional, Rustri pernah satu paket memimpin Jawa Tengah bersama Bibit Waluyo," pungkasnya. 

(tbn)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mensos: Toleransi Harus Digaungkan!