Alquran Tulisan Tangan Terbesar di Indonesia Buatan Seorang Napi

BANYUWANGI - Seorang narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Banyuwangi, Jawa Timur, berhasil menulis mushaf Alquran berukuran besar. Alquran tersebut berdimensi, panjang 101 sentimeter, lebar 80 sentimeter, dan tebal 20 sentimeter.

 

Pada Senin, 4 Maret 2013, Alquran terbesar di Indonesia yang ditulis menggunakan tangan itu diresmikan oleh Dirjen Pemasyarakatan, Muhammad Sueb, bersamaan dengan pergantian Kepala Lapas Banyuwangi.

Rencanannya, Alquran itu akan ditempatkan di Masjid Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) di Jakarta Selatan.

Alquran tersebut ditulis oleh napi atau warga binaan, Sugianto, warga Desa/Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, sejak Maret 2012 dan selesai pada November 2012. Butuh waktu lama bagi petugas Kantor Kementerian Agama Banyuwangi untuk mengecek tulisan tersebut.

Dalam proses penulisannya, Sugianto didampingi KH Yusuf Nuris yang saat itu juga menjadi warga binaan Lapas Banyuwangi.

Sugianto mengungkapkan, pembuatan Alquran tersebut menghabiskan biaya Rp10 juta. Uang tersebut didapat dari sumbangan para napi dan tahanan Lapas Banyuwangi.

Terselesaikannya Alquran tersebut merupakan mukjizat bagi pria berusia 32 tahun itu. Pasalnya, pria yang divonis bersalah atas kasus kekerasan terhadap anak dan dijatuhi hukuman penjara selama enam tahun itu ternyata tidak bisa membaca Alquran.

Dengan keberhasilan menulis Alquran pertamanya itu, Sugianto berencana menulis mushaf lebih besar asalkan ada yang mau mendanainya.

(ton)
Berita Rekomendasi Narapidana Berkarya
Live Streaming
Logo
breaking news x