Pemilihan Paus Dimulai 12 Maret Mendatang

|

Paus Emeritus Benediktus ke- XVI (Foto: Reuters)

Pemilihan Paus Dimulai 12 Maret Mendatang

VATIKAN - Setelah Paus Emeritus Benediktus ke-XVI mundur dari jabatannya, hingga saat ini belum ada penggantinya. Namun 12 Maret mendatang, 115 kardinal dipastikan akan memulai pemilihan Paus yang baru.

Setelah melakukan pertemuan selama lima hari dan dipenuhi banyak spekulasi, waktu pemilihan paus akhirnya ditetapkan. Kabar ini pun disampaikan langsung dari Vatikan.

Berdasarkan pengalaman pemilihan Paus atau konklaf yang sudah berlangsung selama 110 tahun terakhir, diperkirakan umat Katolik akan memiliki Paus yang baru pada akhir pekan depan. Bila hal itu terjadi, maka masih akan banyak waktu untuk mempersiapkan perayaan Paskah.

Pada Selasa 12 Maret pagi waktu setempat, para kardinal akan menghadiri misa khusus pada Basilika Santo Peter untuk melakukan pemilihan Paus. Pada sore harinya, 115 kardinal itu akan berkumpul di Kapel Sistine untuk memberikan suara secara rahasia untuk pertama kalinya. Usai pemilihan suara pertama, kardinal kemudian akan melakukan pemilihan kedua pada Rabu 13 Maret.

Logistik untuk para kardinal yang akan memberikan suaranya sudah mulai dikirimkan. 115 kardinal itu akan ditempatkan di Santa Maria selama proses konklaf berlangsung. Mereka dilarang keras untuk melakukan kontak dengan dunia luar, selama konklaf berlangsung.

"Dapat dipastikan para kardinal tidak akan memilih tetangga mereka atau berhubungan dengan dunia luar," ujar juru bicara Vatikan Pendeta Federico Lombardi, the New York Times, Sabtu (9/3/2013).

Lombardi menambahkan, kardinal itu akan memberikan pidato singkat mengenai gereja dan menyusun apa yang akan dilakukan untuk Paus yang baru.

(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Baru Sebulan Kerja, Anggota DPR Minta Gedung Baru