Kemenangan Pilgub Sumut dan Jabar Jadi Modal PKS di 2014

|

Ilustrasi (Foto: dok Okezone)

Kemenangan Pilgub Sumut dan Jabar Jadi Modal PKS di 2014
DEPOK- Kemenangan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di dua Pemilukada yakni Jawa Barat dan Sumatera Utara, dinilai akan memberikan pengaruh bagi suara partai berlambang bulan sabit dan padi itu dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014. Meskipun dalam kemenangan di dua Pemilukada tersebut tetap karena faktor figur dan sosok incumbent.

Demikian diungkapkan Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI) Cecep Hidayat. Kemenangan PKS di dua Pemilukada, kata dia, bukti bila faktor ketokohan penting untuk mendongkrak suara.

“Pemilukada menang dua-duanya membuat suara PKS di 2014 pengaruh juga. Namun tetap saja, ketokohan itu penting, PKS harus pintar mencari tokoh,” katanya kepada Okezone, Minggu (10/03/2013).

Menurutnya, dengan adanya kasus dugaan korupsi impor daging sapi yang menjerat mantan presiden PKS Lutfi Hasan Ishaq, tak akan mempengaruhi hati suara kader loyalis PKS. Namun, hal itu akan berpengaruh bagi suara kader di luar kader tarbiyah PKS.

“Basis massa PKS kalau tarbiyah enggak akan pengaruh, yang terpengaruh yang bukan loyalis tarbiyah,” paparnya.

Menurutnya PKS masih punya waktu sampai 2014 untuk terus memanaskan mesin politiknya. Kemenangan ini bisa jadi modal PKS.  “Dibanding partai berbasis islam lainnya, PKS kadernya masih lebih solid dan PKS masih punya waktu setahun ini jadi harus kerja keras tingkatkan suara,” tandasnya.

Sebelumnya dalam survei yang digelar Saiful Mujani Research and Consulting, menyebutkan elektabilitas PKS mengalami kemerosotan. Golkar mendapatkan suara sekitar 21 persen, diikuti PDIP dengan 18 persen, kemudian Demokrat 8 persen. Selanjutnya, Gerindra dengan 7 persen, PKB 6 persen, Nasdem 5 persen, PPP 4 persen, PKS 3 persen, PAN 2 persen dan Hanura 1 persen. (ugo)

berita terkait

foto & video lainnya

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Menteri Jokowi-JK Tak Boleh Gelar Seremoni