Jumlah Dapil Pemilu 2014 Mengalami Kenaikan

|

Ilustrasi (Okezone)

Jumlah Dapil Pemilu 2014 Mengalami Kenaikan

JAKARTA - Daerah Pemilihan (Dapil) DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota pada Pemilu 2014, akhirnya ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan jumlah 2361, pada Sabtu 9 Maret 2013 lalu atau meningkat 293 dari Pemilu 2009 yang berjumlah 2068.

Dari 2361 Dapil dapat dirincikan yakni untuk DPRD tingkat provinsi berjumlah 259 Dapil dan DPRD tingkat Kabupaten/Kota 2102 Dapil.

Menurut Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah, kenaikan jumlah Dapil ditingkat DPRD dikarenakan dua faktor yakni karena faktor kursi range dari 3-12 kursi perwilayah dan pemekaran daerah.

"Dua faktor tersebut, merupakan penyebab mayoritas peningkatan Dapil di Pemilu 2014 dan hampir setiap provinsi mengalami kenaikan" kata Ferry, kepada wartawan, di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/3/2013).

Dikatakannya, untuk provinsi baru seperti Kalimantan Utara (Kaltara), Dapilnya saat ini masih masuk provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Hal yang sama juga akan terjadi di Kabupaten Pangandaran Dapil nya juga akan masuk ke Kabupaten Ciamis.

"Nanti setelah Pemilu 2014, DPRD nya baru akan dipisahkan sendiri," kata dia.

Namun, sambung Ferry, selain masih ada penggabungan Dapil dibeberapa provinsi dan kabupaten/kota, juga ada yang terpaksa dipisahkan untuk menghindari konflik. "Seperti daerah Papua, Papua Barat, Aceh dan bekas wilayah kerajaan," tuturnya.

(put)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ilmuwan Tawarkan Kemandirian Indonesia dengan ISA